Pantaskah Presiden Jadi Saksi Nikah Artis?

publicanews - berita politik & hukumPresiden Jokowi menjadi saksi dalam pernikahan Atta Halilintar dengan Aurel pada Sabtu (3/4) lalu. (Foto: Instagram/@attahalilintar)
PUBLICANEWS, BANYAK yang mengkritik pernikahan dua pesohor Atta Halilintar dengan Aurel Hermansyah pada Sabtu (3/4) lalu. Salah satunya pengacara Farhat Abbas yang mengkritik soal kehadiran Presiden Jokowi dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto pada hajatan megah di Hotel Raffles, Kuningan, Jakarta Selatan, itu.

Ia mempertanyakan cara Youtuber nomor satu di Indonesia itu bisa mengundang sekelas presiden sebagai saksi nikah. Ia bahkan curiga Ketua MPR Bambang Soesatyo yang mengundang kedua pejabat negara itu.

"Itu hak mereka, tapi kan bisa saja misalnya Presiden mau jadi saksi melalui virtual. Kalau memang harus langsung yang kita kritik itu di suasana (pandemi)," kata Farhat kepada wartawan Rabu (7/4).

Dalam pernikahan itu Jokowi menjadi saksi nikah untuk pihak Atta Halilintar. Prabowo untuk pihak Aurel. Sementara Bambang Soesatyo menjadi perwakilan keluarga sang Youtuber.

"Atta aja keluarganya tidak hadir, keluarganya enggak ada, tapi kok berkumpul ada Presiden, ada menteri ada Ketua MPR, ada apa ini?" ujarnya.

Ia mengingatkan tugas presiden adalah kepala negara yang menjalankan roda pemerintahan. "Apakah Presiden melihat ini sangat penting sehingga harus dihadiri," katanya.

Komika Ernest Prakasa menyoroti sampai-sampai akun Twitter Sekretariat Negara turut mengunggah pernikahan megah tersebut. "Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Hadiri Akad Nikah Aurel dan Atta," tulis akun Twitter Sekretariat Negera, Sabtu (3/4). Berbagai momen Jokowi hadir di acara itu dibagikan oleh akun Kemensetneg.

"Apa urusannya sama NEGARA, woy?," tulis Ernest, Minggu (4/4).

Musisi dan penyair Fiersa Besari mengaku miris terhadap sikap presiden yang menghadiri acara pernikahan di tengah masa pandemi, padahal seharusnya presiden menghindari kerumunan sesuai anjuran pemerintah.

"Banyak paradoks di negeri ini. Mudik dilarang, tapi destinasi wisata buka serempak. Penutupan jalan raya, tapi malah macet di sana-sini. Izin resepsi masyarakat dipersulit, tapi pernikahan seleb dihadiri langsung oleh pemimpin negara. Ah, tapi saya tahu apa. Cuma rakyat jelata," tulis Fiersa. Cuitan Fiersa disukai lebih dari 69 orang dan di-retweet 25 ribu kali.

Atta, Selebritas Pembayar Pajak Terbesar?
Atta Halilintar adalah 'raja Youtube Indonesia' dengan pengikut mencapai 26,9 juta. Konon, pendapatannya dari Youtube paling besar. Ia menyetor pajak Rp 78 miliar untuk negara per tahun.

Padahal, saat ini belum ada kebijakan khusus yang mengatur pajak bagi selebgram maupun Youtuber. Patokannya mengikuti ketentuan pajak penghasilan (PPh) yang dikenakan kepada pekerja seni.

Untuk penghasilan tahunan di bawah Rp 4,8 miliar, dasar pengenaan dan pemotongan PPh 21 (tarif normal) adalah 50 persen dari jumlah penghasilan bruto.

Banyak yang menyangkutpautkan setoran pajak Atta itu menjadi alasan presiden hadir. "Masih dibahas, org saling dtg di setiap hajatan wajar lah. Apa lagi keluarga Anang dan Gen Halilitar juga sering dtg undangan pak Jokowi," akun Wahyu menjelaskan.

"Terus cari pembenaran aja nih pemerintah biar dibilang wajar dateng ke nikahannya soalnya dia penyumbang pajak yg besar," akun Hidayat menimpali.

Penghasilan pria kerap tampil dengan bandana itu diperkirakan mencapai Rp 269 miliar per tahun. Sementara estimasi penghasilan per bulan adalah 1,3 juta poundsterling atau setara Rp 22,4 miliar.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Hestu Yoga Saksama menjelaskan, tingginya penghasilan Atta membuat penghitungan pajaknya tinggi.

"Jadi, menghitungnya dengan mengurangi penghasilan bruto dengan biaya yang berkaitan dengan usaha dia, seperti beli peralatan, menggaji karyawan," kata Hestu kepada wartawan, Rabu (7/4).

Soal Restu Orang Tua
Orang tua Atta, pasangan Halilintar Anofial Asmid dan Lenggogeni Faruk, tidak hadir pada hari bahagia putra sulungnya itu. Kabar yang beredar mereka tidak merestui hubungan Atta-Aurel.

Namun, menurut pengakuan Atta, ia sudah berbicara berjam-jam dengan orangtuanya sebelum akad nikah. "Oh sebelum akad video call, lima jam sampai enam jam," kata Atta, di hari pernikahannya.

Youtuber miliuner itu menegaskan ayah ibunya memberikan restu atas pernikahannya.

"Malam itu aku mendapat doa dari orangtua, doa buat aku buat calon istri aku. Doa buat kita ke depannya bener-bener langsung bercucuran emosi aku langsung," Atta menandaskan. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top