Ahok Hati-hati Bicara Nabi Muhammad, 'Mohon Jangan Jadi Masalah Ya'

publicanews - berita politik & hukumBasuki Tjahaja Purnama. (Foto: Instagram/basuki.btp)
PUBLICANEWS, BASUKI Tjahaja Purnama (Ahok) menjadi pembicara dalam webinar yang digelar Pesantren Motivasi Indonesia. Komisari Utama PT Pertamina itu membahas tentang bisnis. Ia berhati-hati mengatakan Nabi Muhammad selain berdakwah adalah pedagang.

"Ini mohon jangan jadi masalah ya. Saya berpikir Nabi Muhammad dulu juga bukan cuma dakwah, beliau juga dagang gitu loh," kata eks napi kasus penistaan agama itu, Minggu (28/2).

"Jadi ini jangan dipersoalkan nanti dibilang saya menafsir-nafsirkan nabi. Ribut lagi nanti, ini saya mohon maaf, saya bikin disclaimer dulu ini,” ujar Ahok yang pernah terjerat kasus menafsir Surat Al-Maidah ayat 51 itu.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berpandangan bahwa pesantren harus memiliki kemandirian atau dalam budaya Tiongkok mempunyai sumur. Ia menjelaskan bahwa penting bagi setiap pesantren mempunyai penghasilan sendiri sehingga tidak tergantung kepada pihak lain.

“Nah itu yang kita harus pikirkan bagaimana bisa mendapatkan satu sumur sendiri yang sumurnya juga bisa menghidupi masyarakat di sekitarnya. Nah itu yang ada di pikiran saya,” ia menjelaskan.

Ahok meminta para santri diberi pengetahuan tentang bisnis. “Jadi para santri ini dilatih bisnis bukan cuma dilatih kerja, dilatih bisnis, dilatih berbahasa Inggris dengan baik, mengerti tentang saham," katanya.

Ia merasa senang ketika tahu para santri telah dikenalkan saham. Ahok menyarankan pentingnya pengembangan teknologi dan komunikasi di pesantren. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top