Anggun C Sasmi Berharap Jadi WNI dan Perancis

publicanews - berita politik & hukumAnggun C Sasmi (Foto: Instagram/@anggun_cipta)
PUBLICANEWS, SEJAK menikah dengan Christian Krestscmar, penyanyi Anggun C Sasmi menjadi warga Perancis. Ia kini mengungkapkan ingin kembali menjadi warga negara Indonesia (WNI).

Tapi, penyanyi 45 tahun ini ingin punya dua paspor Indonesia dan Prancis alias dwi kewarganegaraan.

"Karena diaspora Indonesia utk anak2 blasteran mereka diharuskan memilih antara 2 kewarganegaraan buat saya sayang sekali? Kenapa harus milih? Kenapa nggak boleh dua2nya?" tulis Anggun di akun Instagramnya, @anggun_cipta, Minggu (18/8).

Menurutnya di negara-negara lain diperbolehkan warganya memiliki dua kewarganegaraan. Masyarakat dunia termasuk Indonesia sudah menerima kebudayaan dari luar.

"Mungkin sudah saatnya Indonesia memikirkan utk bisa memberi dwi kewarganegaraan seperti negara2 lain," ujarnya.

Tulisan pelantun Snow On The Sahara itu menjawab warganet yang mempertanyakan status kewarganegaraan selama ini. Atas keraguan itu, dia memberi alasan memilih Perancis.

"Yang memasalahkan kewarganegaraan hanya mereka yang bermentalitas tertentu, yang kebanyakan belum pernah pergi kemana2, belum merasakan menjadi minoritas," Anggun menjawab dalam kolom komentar.

Dalam tulisannya, penyanyi Tua Tua Keladi ini menyinggung peringkat negara yang mengijinkan warganya memiliki dua status kewarganegaraan.

"Ada ranking negara2 yang berpaspor 'kuat' (Indonesia No 75, Prancis No 4). Dan banyak orang yang sukanya memberi prioritas dari 'bungkusan' (paspor, pake batik, dll) tapi nggak paham makna," katanya. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top