LBHM Kritisi Polisi yang Sita Buku Ganja Jeff Smith

publicanews - berita politik & hukumEmpat buku tentang ganja yang disita polisi dari mobil aktor Jeff Smith. (Foto: Polres Metro Jakarta Barat)
PUBLICANEWS, Jakarta - Lembaga Bantuan Hukum Masyarakat (LBHM) menyoroti aksi polisi yang menyita buku-buku pengetahuan soal ganja milik artis Jeff Smith. Buku tersebut diambil saat polisi menangkap pesinetron itu dalam kasus kepemilikan ganja.

Koordinator Penanganan Kasus LBHM Yoshua Octavian menilai sikap penyidik Satresnarkoba Polres Metro Jakarta Barat berlebihan.

"Tersitanya empat buku tentang ganja dari mobil Jeff Smith, LBHM menilai tindakan Polres Jakarta Barat ini cukup reaktif dan berlebihan," kata Yoshua dalam rilisnya, Minggu (25/4).

Adapun buku-buku yang menjadi barang bukti polisi itu yakni Strategi Gerakan Lingkar Ganja Nusantara, Hikayat Pohon Ganja, Dunia Dalam Ganja, dan Kriminalisasi Ganja.

Selain menyita buku, Yoshua juga menyoroti polisi yang tiba-tiba menarik microphone ketika sang aktor memberikan argumennya soal ganja bukan kategori narkoba saat gelar kasus penangkapannya beberapa waktu lalu.

Menurut Yoshua, sikap penyidik seolah menunjukkan alergi terhadap pengembangan pengetahuan soal ganja yang masih menjadi perdebatan kelayakannya.

"Pernyataan Jeff Smith sepatutnya menjadi refleksi untuk segera melakukan penelitian terhadap penggunaan ganja," ujarnya.

Dalam kasus tersebut, LBHM berharap Jeff dapat segera di-assesment. Permintaan itu telah disampaikan kepada Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Ady Wibowo melalui surat Nomor: 172/SK/LBHM-JS/IV/2021, pada Jumat (23/4).

"Permohonan assessment ini berdasarkan pada gramatur kepemilikan narkotika Jeff Smith tidak melebihi ambang batas ketentuan dari beberapa peraturan, yakni 0.52 gram dari batas 5 gram," Yoshua menambahkan. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top