Polisi Amankan 40 Kg Ganja di Medan

publicanews - berita politik & hukumIlustrasi penangkapan narkoba jenis ganja. (Foto: Istimewa)
PUBLICANEWS, Medan - Polrestabes Medan merilis tiga tersangka pengedar ganja yang ditangkap di lokasi berbeda, Jumat (16/4). Ketiganya yakni IR (39), warga Jalan Binjai Km 13,8, Desa Sungai Semayang, Kecamatan Sunggal, Deliserdang. Ia seorang penjaga malam.

Kemudian SL (29), warga Desa Tabuyung, Kecamatan Muara Batang Gadis, Mandailing Natal dan MF (28), warga Kelurahan Petisah Hulu, Kecamatan Medan Baru.

Dari penangkapan itu, Petugas mengamankan barang bukti ganja total sebanyak 40 kg.

"Pada saat pelaksanaan penangkapan tersebut, disepakati untuk pembelian 2 kg secara under cover buy," ujar Wakapolrestabes Medan AKBP Irsan Sinuhaji saat konferensi pers di Mapolsek Patumbak, Sabtu (17/4).

Saat petugas yang menyamar tiba di rumah kontrakannya, IR keluar dengan membawa 2 bal ganja. Dalam penggeledahan, polisi menemukan sebuah tempat yang diduga menjadi gudang penyimpanan ganja.

Di lokasi tersebut, polisi mendapati 38 bal ganja kering. Menurut IR, ganja tersebut milik SL dan MF. Keduanya berprofesi sebagai penjual sate.

Untuk memancing munculnya SL dan MF, IR menelepon SL agar datang ke rumahnya karena ganja sudah terjual dan uang hasil penjualannya sebesar Rp 10 juta. Sekitar pukul 21.30 WIB, SL tiba di rumah IR untuk mengambil uang. Seketika itu petugas menangkapnya.

SL mengaku disuruh MF untuk menjemput uang dari IR. Polisi berhasil membekuk MF di rumahnya. Dari pengakuan MF ganja tersebut didapatkan dari seseorang yang masih dalam pengejaran petugas.

"Asal ganja kalau kita lihat ini dari Mandailing Natal," kata Irsan.

Para tersangka dijerat UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman 20 tahun kurungan penjara. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top