Kriminalitas Yogyakarta

Pemandu Karaoke Simpan Ratusan Butir Happy Five di Balik Bra

publicanews - berita politik & hukumPemandu karaoke RDA (23) yang tertangkap membawa narkoba di Bandara Adisutjipto, DI Yogyakarta, Senin (26/8). (Foto: jogjainsiede.id)
PUBLICANEWS, Yogyakarta - Petugas Bandara Adisutjipto, Yogyakarta, mengamankan DA alias Acha (23), penumpang Air Asia nomor penerbangan AK346 rute Kuala Lumpur-Yogyakarta, karena membawa ratusan butir narkoba, Senin (26/8).

Barang haram tersebut berupa 484 pil psikotropika jenis Happy Five dan 9,5 butir pil ekstasi. Polda DIY telah menerima laporan dari petugas Bea Cukai di bandara.

"Diamankan sekitar pukul 10.30 WIB. Karena gerak-gerik RDA saat melewati tempat pemeriksaan Bea Cukai mencurigakan," kata Direktur Resnarkoba Polda DIY Kombes Dewa Putu Gede Artha dalam gelar kasus di kantornya, Rabu (28/8).

Pelaku menyembunyikan ratusan pil narkoba tersebut di dalam bra untuk mengelabui petugas keamanan. Petugas curiga dan dilakukan pemeriksaan badan (body check).

Dari hasil pengecekan terdapat lima bungkus plastik berisi obat-obatan terlarang. Selanjutnya Acha dan barang bukti dibawa petugas ke Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean B Yogya untuk dilakukan pemeriksaan.

Terungkap, RDA adalah pemandu karaoke. Pelaku sudah empat kali menyelundupkan barang haram tersebut dari Malaysia. Tiga aksi sebelumnya melalui bandara di Surabaya. Terakhir, Acha memilih langsung Yogyakarta.

"Tersangka membeli narkoba-narkoba itu dari sebuah tempat hiburan di Malaysia seharga Rp 28 juta," Dewa menjelaskan.

Awalnya, Acha pergi ke Malaysia bersama kekasihnya M (35). Polisi menduga M adalah bandarnya karena sering memberi uang dalam jumlah besar kepadanya.

Dari uang tersebut, Acha diminta untuk membeli narkoba di Malaysia. Polisi masih mendalami dugaan adanya tersangka lain. "Kami telusuri jaringannya. Dugaan kita barang tersebut akan diedarkan di luar wilayah Yogya," katanya. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top