Kapolda Riau Pecat Anggota yang Terjerumus Narkoba

publicanews - berita politik & hukumKapolda Riau Irjen Widodo Eko Prihastopo mencopot seragam anggotanya yang melakukan pelanggaran di kantornya, Senin (19/8). (Foto: gagasanriau com)
PUBLICANEWS, Pekanbaru - Kapolda Riau Irjen Widodo Eko Prihastopo mencopot enam anggotanya karena melanggar disiplin dan penyalahgunaan narkoba.

Keenam polisi adalah Putra Budiman, Harpin mantan, Carli Togu Suprianto, Yoga Sakti Mundar, Akhmad Khusaeri, dan Ilham Suardi.

"Mereka dipecat karena melakukan tindak pidana (narkoba), dan desersi karena tidak masuk kerja selama 30 hari kerja secara berturut-turut," kata Widodo kepada wartawan usai upacara di Mapolda Riau, Senin (19/8).

Di hadapan seluruh jajarannya, Widodo langsung mencopot seragam para personel yang melanggar disiplin. Ia mengingatkan bahwa pencopotan ini menjadi koreksi bagi semua personel agar lebih awas dan tidak terjerumus ke dalam narkoba.

Mereka yang hari ini dipecat, kata Widodo, sebenarnya sudah diperingatkan berulang kali namun tidak ada tikad baik untuk bisa berubah.

"Karena tidak juga mau berubah, maka lebih baik berada di luar institusi Polri," Eko menegaskan.

Eko menyebut, bahwa Riau saat ini masuk dalam 5 besar peredaran narkoba. Sasarannya tidak hanya sipil, anggota polisi pun bisa tergoda dengan barang haram itu.

"Bagi Polri junior yang baru saja dilantik agar menjaga diri. Karena sangat rentan dengan godaan," ujarnya.

Putra Budiman merupakan anggota Resnarkorba Polda Riau dipecat 31 Juli 2019. Harpin, personel Yanpa Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Riau. Ia juga divonis pengadilan karena memiliki 5 gram sabu. Carli Togu Suprianto, anggota Satresnarkoba Polres Dumai yang meninggalkan tugas lebih dari 30 hari.

Yoga Sakti Mundar, anggota Polres Inhil yang meninggalkan tugas selama 30 hari di tahun 2017. Akhmad Khusaeri, anggota Brimob Polda Riau divonis 7 tahun penjara karena memiliki sabu.

Terakhir, Ilham Suardi, anggota Sabhara Polres Pelalawan dipecat tidak hormat. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top