Kriminalitas Cimahi

Polisi Tangkap Jaringan Sabu Dikendalikan dari Lapas

publicanews - berita politik & hukumKapolres Cimahi AKBP Rusdy Pramana Suryanagara saat gelar kasus di Mapolres Cimahi, Kota Cimahi, Jawa Barat, Kamis (1/8). (Foto: jabarekspres.com)
PUBLICANEWS, Cimahi - Polisi membongkar satu jaringan narkoba yang pengendalinya dari Lapas Narkotika Kelas IIA Bandung (Jelekong). Penangkapan pertama dilakukan terhadap kurir CR di Desa Rajamandala, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

"Dari pemeriksaan CR, muncul nama AD yang kemudian kami tangkap di Haurwangi, Cianjur," kata Kapolres Cimahi AKBP Rusdy Pramana Suryanagara saat gelar kasus di Mapolres Cimahi, Jawa Barat, Kamis (1/8).

Penyidik mengembangkan kasus dari keterangan CR dan AD. Ternyata, peredaran barang haram ini dikendalikan oleh seorang napi, DK.

"Kami bekerja sama dengan pihak Lapas Jelekong, akhirnya kami mendapatkan barang bukti lainnya berupa satu unit ponsel," ia menambahkan.

Petugas menangkap DK yang mengedarkan sabu dan ganja dari dalam lapas. Ia menjadikan CR dan AD sebagai perantaranya. Jaringan ini memanfaatkan ponsel dengan kode-kode tertentu yang mereka pahami sebagai komunikasi.

"Kami dalami lagi, ternyata DK menitipkan delapan paket ganja dengan berat kotor 254,09 gram kepada SW dan MA yang langsung kami ringkus di Cipatat," ujarnya.

Total ada lima tersangka diamankan. Polisi menduga masih ada tersangka lain. Polisi menyita 450 gram ganja kering siap edar 32 gram sabu.

Sementara, Kalapas Jelekong Kelas II A Bandung Gun Gun Gunawan menjelaskan, DK adalah napi pindahan dari Lapas Cianjur dalam kasus serupa.

"Kita datangi pelaku setelah dapat informasi dari Satresnarkoba Polres Cimahi kalau yang bersangkutan mengendalikan peredaran narkotik," ujar Gun Gun.

Gun Gun mengaku kecolongan ada penyelundupan ponsel yang tidak diketahui petugas lapas. "Bisa juga (penyelundupan) 1saat mereka menjenguk pelaku DK, sebetulnya membicarakan transaksi," Gun Gun menjelaskan. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top