Batal Dihukum Mati, Steve Emmanuel Kena 9 Tahun Penjara

publicanews - berita politik & hukumSteve Emmanuel saat mendengarkan vonis hakim di PN Jakarta Barat, Selasa (16/7). (Foto: grid.id)
PUBLICANEWS, Jakarta - Pengadilan Negeri Jakarta Barat memvonis 9 tahun penjara terhadap Steve Emmanuel dalam kasus penyalahgunaan narkoba.

"Dengan ini majelis hakim menyatakan bahwa terdakwa Chevas Emmanuel alias Steve terbukti memiliki narkotika golongan I di atas 5 gram," kata ketua Majelis Hakim Erwin Djong dalam sidang, Selasa (16/7).

Hakim memberi waktu satu pekan bagi Steve Emmanuel untuk memikirkan langkah hukum selanjutnya. Ia dinilai terbukti bersalah melanggar Pasal 112 Ayat 2 Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

"Kami memutuskan untuk pikir-pikir dulu, Yang Mulia," ujar kuasa hukum Steve, Firman Chandra, kepada hakim.

Seusai sidang Steve bergegas keluar ruang sidang dikawal petugas polisi. Artis 35 tahun itu tidak memberi tanggapan atas hukuman yang akan dijalaninya itu.

Ia uga menghindari awak media yang menunggu di ruang tahanan pengadilan. Firman menyatakan ada beberapa pertimbangan hakim yang tidak bisa ia terima. Salah satunya soal barang bukti kokain 92,04 gram yang diyakini oleh hakim dalam membuat putusan.

Meski demikian, Firman bersyukur hakim menolak Pasal 114 yang dikenakan jaksa terhadap Steve. "Pasal 114 itu hukumannya mati, pasal yang digunakan untuk pengedar. Jadi Alhamdulillah dulu," ia menjelaskan.

Tak menutup kemungkinan, tim pengacara mengajukan peninjauan kembali (PK) ke Mahkamah Agung. "Nanti kamiĀ akan diskusikan," Firman menambahkan. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top