Kiriman Sabu Asal Amerika untuk Diedarkan di Lapas

publicanews - berita politik & hukumDua warga Tiongkok, Li Xiufen (22) dan Cui Ming alias CM (26) saat dihadirkan dalam gelar kasus sabu asal AS di Mapolres Metro Jakarta Barat, Kamis (9/5). (Foto: FWP)
PUBLICANEWS, Jakarta - Sabu asal Amerika Serikat yang diterima warga negara Tiongkok Li Xiufen alias LX (22) akan diedarkan ke jaringan napi di sebuah lapas di Jakarta. Li mengambil kiriman barang haram tersebut di kantor ekpedisi Fedex, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (8/5).

"Ini mastermind-nya ada di Cina. Ada dua warga Cina yang dikirim ke Indonesia untuk memastikan barangnya sudah tiba," kata Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Hengki Haryadi dalam gelar kasus di kantornya, Kamis (9/5).

Total 28 kg sabu yang dikirim bandar di Tiongkok, sebanyak 16 kg di antaranya dengan tujuan Indonesia dan digagalkan oleh jajaran Polres Metro Jakarta Barat. Adapun 12 kg lainnya digagalkan oleh Drug Enforcement Administration (DEA) Amerika Serikat.

Petugas Polres Metro Jakbar total mengamankan empat tersangka, selain Li ada pula Dasuki (42), Budi Supriyanto (52), dan Cui Ming alias CM (26).

"Tanggal 11 April 2019 melalui teknik control delivery kita sita 6 kg, tanggal 30 April kita menyita 10 kg sabu," ujar Kombes Hengki. Polres Jakbar, ia menambahkan, akan berkoordinasi dengan DEA karena bandar sabunya sama.

Sabu yang ke Indonesia dikemas dalam bungkusan kopi. Sebanyak 6 kg diantaranya diamankan dari tangan Li ketika mendatangi Kantor Pos Daan Mogot.

Menurut Hengki, sabu masuk ke Indonesia melalui Myanmar. "Biasanya dari China, Malaysia, Nigeria, Afrika, Thailand," Hengki menambahkan. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top