Kriminalitas Surabaya

WN Amerika Serikat Ditangkap Pesta Narkoba Bersama Komeng

publicanews - berita politik & hukumPolisi menunjukkan barang bukti dan tersangka dalam rilis pengungkapan kasus di Mapolrestabes Surabaya, Selasa (27/11).
PUBLICANEWS, Jakarta - Warga Negara Amerika Serikat Alex Daniel Gems (28) ditangkap tim Unit I Satresnarkoba Polrestabes Surabaya karena kedapatan menyimpan ganja dan sabu. Ia diringkus bersama rekannya di Apartemen Metropolis.

Kasat Reskoba Polrestabes Surabaya AKBP Indra Mardiana mengatakan, penangkapan Alex merupakan hasil pengembangan dari kasus Edi Purwanto (42) alias Komeng, warga Banyuwangi.

"Dari pengembangan tersangka sebelumnya, yakni Komeng, kami geledah apartemen AD. Kami temukan 3 linting ganja yang tersimpan di tasnya," ujar Indra di Polrestabes Surabaya, Selasa,(27/11).

Kepada polisi Alex mengaku mengunakan ganja bersama-sama dengan Edi Purwanto alias Komeng yang berprofesi sebagai tukang antar galon. Alex yang menyediakan ganja, sedangkan Komeng membawa sabu.

Indra menambahkan, setiap dua minggu sekali Komeng engirimkan air mineral dan keduanya sering pesta bersama.

"Alex sering mengajak Edi berpesta ganja karena keduanya sudah merasa kenal dekat," ujar Indra.

Alex mendapatkan paket sabu dan ganja tersebut dari temannya di Malang seharga Rp 300 ribu. Alex sudah mengkonsumsi ganja sejak lima bulan lalu.

Atas penangkapan tersebut polisi kemudian berkoordinasi dengan Konsulat Jenderal Amerika terkait dengan status Alex. "Dari catatan mereka, tersangka baru kali ini terlibat perkara," Indra menambahkan.

Polisi mengamakan satu linting ganja seberat 0,68 gram yang disembunyikan di plafon, satu bungkus biji ganja, satu paket sabu, dan satu roll aluminium foil serta dua buah handphone.

Atas perbuatan kedua tersangka, mereka dijerat dengan Pasal 132 Ayat 1 Juncto Pasal 127 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman pidana maksimal 20 tahun penjara.

Alex mengaku tidak tahu memakai ganja dilarang di Indonesia. "Di negara saya diperbolehkan dan saya mengajar bahasa inggris setiap hari, sudah tiga tahun ngajar dan pakai (ganja dan sabu). Untuk happy-happy saja," kata Alex. (m-03)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top