Kriminalitas Medan

Dua Kurir Narkoba Medan Divonis Mati

publicanews - berita politik & hukumDua kurir sabu Zulkifli Bin Ismail alias Joel (36) dan Dedi Saputra Marpaung Bin Sobari yang divonis mati PN Medan, Kamis (22/11). (Foto: matatelinga.com)
PUBLICANEWS, Medan - Pengadilan Negeri Medan memvonis mati dua kurir narkoba Zulkifli Bin Ismail alias Joel (36) dan Dedi Saputra Marpaung Bin Sobari (34). Keduanya adalah terdakwa kasus pengiriman 14,5 kg sabu dan 70.905 butir ekstasi dari Aceh ke Medan.

"Menjatuhkan hukuman kepada terdakwa (Zulkifli) dengan pidana mati," kata Hakim Ketua Dominggus Silaban di PN Medan, Kamis (22/11).

Kedua terdakwa diadili terpisah. Dedi dijatuhi hukuman mati oleh Hakim Ketua Aswardi Idris. Namun hakim sama-sama menjatuhkan vonis mati karena memperdagangkan narkotika golongan I lebih dari 5 gram.

Perbuatan kedua terdakwa melanggar Pasal 114 ayat (2) jo Pasal 132 ayat (1) UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Vonis hakim tersebut sama dengan tuntutan jaksa penuntut umum (JPU).

Sehari sebelumnya, terdakwa Amiruddin alias Edoi (24) yang masih satu jaringan, dijatuhi hukuman seumur hidup oleh Hakim Ketua Achmad Sayuti. Ia terbukti memiliki serta mengedarkan 35 kg sabu.

Ketiga pelaku ditangkap oleh BNN pada 25 Februari 2018, bersama satu tersangka lainnya yakni Amrizal alias Amri yang ditembak mati karena melawan.

Dalam dakwaan, Amiruddin diperintah Cece (DPO) untuk menerima mobil Toyota Avanza bernopol B 2139 SZK yang baru tiba dari Aceh. Zulkifli dan Dedi merupakan anak buah dari Amrizal.

Mobil tersebut digunakan untuk mengirim dua tas ransel berisi 15 bungkus sabu seberat 14.552,4 gram dan 70.905 butir ekstasi. Zulkifli mendapat upah Rp 40 juta. Zulkifli dan Dedi bertemu Amiruddin di depan loket Bus Simpati Star, Jalan Asrama, Medan.

BNN menangkap Amiruddin saat mengambil mobil di Hotel Antara, Jalan Gatot Subroto, sedangkan Zulkifli dan Dedi ditangkap di dekat loket Bus Simpati Star. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top