Kemenkumham Razia Narkoba Mendadak di Lapas Kediri

publicanews - berita politik & hukumRazia narkoba di Lapas Kediri, Jawa Timur. (Foto: dok. Lapas Kediri)
PUBLICANEWS, Kediri - Seluruh penghuni Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A di Kota Kediri, Jawa Timur, wajib mengikuti tes urine. Tes ini juga berlaku bagi petugas lapas.

Sebanyak 50 narapidana dipaksa kencing massal dalam pemeriksaan yang dilakukan tim kesehatan Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Timur pada Kamis (8/3) malam.

"Ini rangkaian pencegahan penghuni lapas yang mengonsumsi narkoba," kata Humas Lapas Kediri Didi Rahmadi di kantornya, Jumat (9/3).

Pemeriksaan secara menyeluruh dan acak ini dilakukan atas kerja sama Kanwil Kemenkumham Jatim dengan Satgas Keamanan dan Ketertiban Lapas Kediri. Razia berlangsung mendadak.

Setiap blok dan ruang sel digeledah. "Selain narkoba, juga pengawasan terhadap barang-barang terlarang yang masuk dalam lapas," ujar Didi.

Didi menjelaskan, Lapas Kediri mengalami kelebihan kapasitas tiga kali lipat. Jumlah napi saat ini mencapai 913 orang dari daya tampung semestinya 360 penghuni.

"Kami ekstra waspada untuk menjaga kondusivitas lapas," ia menambahkan.

Gelar razia ini akan rutin dilakukan dua kali sepekan. Penambahan personel pengamanan juga menjadi upaya menjaga stabilitas lapas. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top