Penyelundupan Sabu di Kapal Sunrise Glory Capai 3 Ton

publicanews - berita politik & hukumKapal MV Sunrise Glory. (Foto: dok TNI AL)
PUBLICANEWS, Batam - Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Madya Achmad Taufiqoerrochman mengatakan, kapal MV Sunrise Glory diperkirakan menyelundupkan sabu mencapai 3 ton.

"Dari 3 ton sabu itu, diketahui 1,3 tonnya sudah diturunkan di Australia, dan yang berhasil kami temukan 1 ton dan 29 kg. Kuat dugaan masih ada sekitar 600 kg lagi sabu di dalam kapal ini," ujar Taufiq di Mako Lanal Batam, Kepulauan Riau, Sabtu (10/2).

Belum diketahui asal barang dari kapal yang memang bertugas untuk mengangkut sabu. Namun, ia menduga berasal dari Taiwan. Hal itu tampak dari empat ABK yang merupakan warga negara Taiwan, yakni Hsieh Lai Fu (52), Huang Chiang (48), Chencun Hang (39) dan Chen Chien (52).

"Kapal ini tidak jelas negaranya, kalau dari siluetnya ini kapal ikan Taiwan, tapi suratnya Indonesia, bendera Singapura. Awak kapal 4 orang dari Taiwan dan tidak saling kenal, itu metode memutus jaringan," katanya.

Menurut Taufiq, kapal ikan itu kamuflase, seolah-olah sebagai kapal penangkap ikan. Kapal tersebut sudah menjadi target berdasarkan informasi BNN.

KRI Sigurot 864 yang dikomandani Mayor Laut Arizzona berhasil mengamankan kapal di perairan Selat Phillip perbatasan antara Singapura dan Batam, Rabu (7/2).

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top