BNN Sita Sabu 37 Kg Lebih Sabu dalam Sebulan Terakhir

publicanews - berita politik & hukumKepala BNN Komjen Budi Waseso (Buwas) (foto: okezone)
PUBLICANEWS, Jakarta – Badan Narkotika Nasional (BNN) menyita 37,25 kilogram sabu hasil pencegahan penyeludupan dalam satu bulan terakhir. Barang haram tersebut didapat dari penangkapan terhadap empat anggota jaringan narkoba internasional.

“Dari 4 pengungkapan kasus tersebut BNN menyita sabu 37,25 kg dan ekstasi sebanyak 26.005 butir," kata Kepala BNN Komjen Budi Waseso (Buwas) di Kantor BNN Cawang, Jakarta Timur, Selasa (10/10).

Buwas menjelaskan, pengungkapan pertama dilakukan di sebuah hotel dan tempat hiburan, pada 8-9 September 2017, di Bandung, Jawa Barat. Narkoba dkendalikan peredarannya oleh tersangka dari balik penjara LP Cipinang, Jakarta Timur. Mereka adalah JLP (29), ASH (32), LS (33), DN (31), dan TKM (39).

"Dari sindikat ini disita 1.005 butir ekstasi, 5,9 gram tembakau mengandung narkoba, 2 unit mobil, dan uang tunai Rp 9.801.000 serta sejumlah ATM," ujar Buwas.

Pengukapan kedua, BNN melakukan pengerebekan di sebuah rumah yang dijadikan produksi narkotika di Jalan Danau Batur, Medan Barat, Sumatera Utara. Dari rumah itu, petugas menangkap 3 tersangka dan menyita sejumlah tablet dan serbuk mengandung metamfetamina.

“Ketiga, pada Rabu (23/9), petugas BNNP Kalimatan Utara mengagalkan penyeludupan narkotika jenis sabu seberat 11,6 kg. Lima orang tersangka berhasil ditangkap, salah satu narapidana lapas kelas IIA Tarakan berinisial AB (29), dia sebagai pemodal," Buwas menambahkan.

Terakhir, penangkapan terjadi pada Kamis (5/10) lalu. BNN dibantu Polda Riau mengungkap jaringan internasional di Pekanbaru. Dua tersangka, yakni Z dan J, berhasil ditangkap. J terpaksa ditembak mati karena melawan petugas saat ditangkap.

"Kita sita sabu 25,56 kg dan ekstasi 25 ribu butir," kata Buwas. (m-03).

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top