Anwar Abbas, MUI

Musibah KRI Nanggala-402 dan Doa Kita

publicanews - berita politik & hukumKRI Naggala-402. (Foto: Twitter)
Oleh: Anwar abbas

SEBAGAI bangsa kita tentu saja sedih mendengar tenggelam dan hilangnya KRI Nanggala-402 yang membawa 53 awak. Para petugas kehilangan kontak dengan kapal tersebut di perairan utara Bali. Dalam menghadapi masalah ini kita melihat Panglima TNI sudah mengambil langkah cepat untuk mencari namun disayangkan sampai hari ini belum bisa ditemukan.

Tetapi meskipun demikian kita tentu saja tetap berharap kepada Allah SWT semoga kapal tersebut dapat ditemukan dan para awak yang ada di dalamnya masih dalam keadaan selamat. Tetapi kalau seandainya harapan itu tidak kita dapatkan, kita mengharapkan agar kita semua terutama pihak keluarga dapat menerima musibah ini dengan penuh ketabahan dan kesabaran.

Sebagai orang yang beragama kalau peristiwa ini kita kaitkan dan kita lihat dari perspektif agama Islam dimana kita meyakini bahwa hidup ini tidak hanya akan kita jalani di dunia ini saja tapi juga akan berlanjut ke akhirat sana maka kalau seandainya memang mereka meninggal dalam keadaan seperti ini maka mereka jelas telah pergi menghadap Tuhannya dalam keadaan terhormat karena berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh muslim dikatakan, "Siapa yang mati karena tenggelam maka dia mati dalam keadaan syahid.” (HR. Muslim 1915).

Jadi kalau masalah ini kita lihat dalam perspektif duniawiyah hal ini jelas merupakan suatu kesedihan tidak hanya bagi keluarga tapi juga bagi kita semua sebagai bangsa tapi saya yakin berbeda halnya dengan mereka. Bagi mereka hal ini jelas merupakan sebuah keberuntungan karena dia bisa menghadap Tuhannya dalam keadaan yang dimuliakan oleh Allah SWT.

Oleh karena itu bila Panglima TNI sudah menyatakan berdasarkan pertimbangan-pertimbangan ilmiah para awak tersebut sudah tidak bisa diselamatkan maka mari kita secara bersama-sama atau sendiri-sendiri melaksanakan sholat ghoib agar semua dosa mereka diampuni dan pengabdian serta pengorbanan yang telah mereka berikan kepada bangsa dan negaranya menjadi ibadah serta mendapatkan ganjaran pahala yang sebesar-besarnya dari-Nya. Aamiin.***


Wakil Ketua Umum MUI
Anwar Abbas

*) Konten di Rubrik Publicana merupakan tulisan dan opini pengirim yang dimuat oleh Redaksi Publicanews.

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top