Emrus Sihombing, Komunikolog

Kasus Covid-19 Meningkat, Adakah Solusinya?

publicanews - berita politik & hukumIlustrasi. (Credit to: freepik)
Oleh: Emrus Sihombing

KASUS Covid-19 masih terus bertambah. Tetap ada solusi. Untuk itu, penanganan harus dilakukan konprihenship dengan pendekatan saintifik (scientific approach) yang multi disipliner dan harus lepas dari politik prakmatis.

Multi disipliner tersebut setidaknya melibatkan enam pakar bidang keilmuan dengan intensif. Pertama, epidemiolog bertugas menemukan solusi penanganan penyebaran penyakit. Kedua, virolog bertugas menemukan solusi penanganan perilaku virus.

Ketiga, pulmonolog bertugas menemukan solusi penanganan saluran pernafasan. Kempat, ilmu kepolisian bertugas menemukan solusi penegakan aturan. Kelima, komunikolog bertugas menemukan solusi menumbuhkan kesadaran, sikap dan perilak. Keenam, ekonom pertanian bertugas menemukan solusi kemungkinan kerawanan pangan.

Sistem kerja multi disipliner ini dilakukan terintegrasi, koordinatif dan kolaboratif. Tidak boleh terjadi ego sektoral.

Tim ini harus benar-benar independent dari aspek keilmuan, namun bersifat kolektif kolegial. Tim ini dibentuk oleh presiden.

Pemerintah berada pada posisi memberikan masukan dan suport kebijakan, program dan pembiayaan.***

Emrus Sihombing
Komunikolog Indonesia

*) Konten di Rubrik Publicana merupakan tulisan dan opini pengirim yang dimuat oleh Redaksi Publicanews.

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top