Sabit Irfani, UNY

Sulur Persatuan: Sebuah Karya Generasi Penerus dalam Mengkampanyekan Keberagaman

publicanews - berita politik & hukumSiswa SMP N 4 Depok, Sleman, Yogyakarta, mengkampanyekan keberagaman. (Foto: Sabit Irfani)
Oleh: Sabit Irfani

PERSATUAN dalam kehidupan kenegaraan dan kebangsaan menjadi kunci keutuhan suatu bangsa dan negara. Bagi bangsa Indonesia yang kausa materialisnya terdiri dari berbagai etnis, golongan, ras, agama, serta primordial lainnya di nusantara secara moral menentukan kesepakatan untuk membentuk suatu bangsa, yaitu bangsa Indonesia.

Namun akhir akhir ini kita banyak diperlihatkan bagaimana nilai nilai toleransi mulai dipertanyakan kembali. Berbagai kasus telah mewarnai, belum lama ini sebuah aturan tentang seragam sekolah menjadi banyak pembicaraan publik. Sampai menteri pendidikan dan kebudayaan Nadiem Makarim angkat bicara mengenai peristiwa tersebut.

Mempromosikan keberagaman bisa dilakukan dengan cara apa saja, contohnya seprti yang dilakukan oleh sejumlah siswa di SMP Negeri 4 Depok, Sleman Yogyakarta. Kelompok siswa bersama guru dari sekolah tersebut berinisiatif membuat sebuah projek melalui mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaran yang diberi judul “Sulur Kebangsaan Dalam Naungan Beringin”
Projek tersebut merupakan sebuah upaya dalam menjaga persatuan melalui sebuah kampanye dalam bentuk projek kewarganegaraan.

Sebuah kampanye digagas oleh 16 siswa yang terdiri dari Adji, Aisha, Alina, Annisa, Ardelia, Athaya, Ezekiel, Lathifah, Dafa, Nasywa, Angga, Salsa, Samuel, Sheval, Zalfa, dan Raisya mengingatkan kepada generasi yang ada di Indonesia menjadi generasi emas yang dapat menjaga persatuan dan kesatuan.
Dalam sebuah projeknya, mereka juga berpesan bahwa perbedaan bukanlah suatu halangan untuk mewujudkan persatuan. Karena kita itu Indonesia.***


Sabit Irfani
Pascasarjana UNY

*) Konten di Rubrik Publicana merupakan tulisan dan opini pengirim yang dimuat oleh Redaksi Publicanews.

Berita Terkait

Komentar(2)

Login
  1. arkana @terriblecatto10 Februari 2021 | 13:51:56

    Mashaallah teman-temanku sangat hebat

  2. Cewek Kepo @ceweKepo10 Februari 2021 | 13:23:12

    Nah ini nih generasi penerus yg membanggakan. Biar gak ilang nih kebhinekaan kita. 🙏.

Back to Top