Komnas Perlindungan Anak

Lindungi Anak dari Serangan Wabah Corona

publicanews - berita politik & hukumDewan Komisioner Komisi Perlindungan Anak bersama Menteri Sosial J. Batubara di Kantornya di Jakarta (Foto: Komnas PA/dok)
Oleh: Komnas Perlindungan Anak

MENGINGAT jumlah masyarakat dunia dan tidak terlepas bangsa Indonesia yang terpapar pandemi Covid-19 masih terus saja meningkat bahkan meninggal dunia yang diakibatkanya juga terus bertambah dan sungguh menakutkan, bahkan sudah banyak daerah pula yang mengambil inisiatif mengisolasi daerahnya masing-masing untuk tidak terserang Wabah Corona, Komnas Perlindungan Anak sebagai institusi perlindungan Anak yang diberi tugas dan fungsi uhtuk memberikan advokasi, sosialisasi hak-hak anak dan perlindungan Anak di Indonesia, meminta dan menyerukan kepada semua mitra kerja perlindungan anak di Indobesia secara khusus para pegiat Lembaga Perlindungan Anak (LPA) se-Nusantara untuk bersama-sama bahu membahu dengan masyarakat serta pemerintah untuk mengawal dan menjalankan Protokoker Kesehatan melawan Codid 19 yang telah dikeluarkan pemerintah, tidak terlepas dengan maklumat Kapolri dengan cara-cara yang efektif dan berkesinambungan yakni
Ikut bersama-sama di masing-masing daerahnya untuk menyemprot disinfektan di lingkungan masing-masing, menjaga dan mengawasi anak untuk tetap setia tinggal dan belajar di rumah (stay and learning at home), beribadah di rumah, menjauhkan anak dari kerumunan dan pusat-pusat keramaian, tempat bermain dan atau tempat-tempat rekreasi dan hiburan anak, hotel dan restoran.

Disamping itu, Komnas Perlindungan Anak juga meminta para Pegiat LPA untuk membantu Kementerian Sosial melalui kerjasama Dinas Sosial di masing-masing daerah untuk membantu mendata (by name by address-red) masyarakat yang membutuhkan dan menyalurkan bantuan sosial berupa Sembako yang disiapkan pemerintah pusat kepada masyarakat miskin yang membutuhkan Sembako akibat wabah Covid 19.

Kemudian meminta LPA mendorong dan bantu masyarakat untuk memanfaatkan "Stay and learning at Home" menjadikan rumah yang ramah dan bersahabat dengan Anak, terutama mendorong agar para orangtua dan masyrakat menjaga dan melindungi anak dari serangan vandemi Covidv19.

Dengan demikian hanya ada satu kata "Lawan Corona" sekarang juga! dengan hidup bersih, cuci tangan dengan sabun, Jaga jarak, tinggal dan beribadah serta belajarlah di rumah.

Dan ajaklah orangtua dan masyarakat patuh dan disiplin menjalankan Protokoler Kesehatan melawan vandemi Covid 19.

Demi kepentingan terbaik anak dan atas hak anak atas tada nyaman terutama kesehatan, demikian seruan dan maklumat ini dikeluarkan Dewan Komisioner Kommas Perlindungan Anak di Jakarta Senin 06/04/20.

Dan demi kepetingan utama bagi anak (the best interest of the child) KOMNAS Perlindungan Anak Selalu ADA dan HADIR untuk ANAK Indonesia demikian disampaikan :

Arist Merdeka Sirait
Ketua Umum

Dhanang Sasongko
Sekretaris Jenderal

*) Konten di Rubrik Publicana merupakan tulisan dan opini pengirim yang dimuat oleh Redaksi Publicanews.

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top