Seknas Jokowi Jatim Usulkan Afifuddin Muhajir Jadi Menag

publicanews - berita politik & hukumKH Afifuddin Muhajir (kanan) bersama Sekretaris DPW Seknas Jokowi Jawa Timur M Ervan Hidayatullah. (Foto: DPW Seknas Jokowi Jatim)
Oleh: M Ervan Hidayatullah

PENGASUH Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo, Situbondo, KH Afifuddin Muhajir layak masuk bursa Menteri Agama pada kabinet Jokowi-KH Ma'ruf Amin

Hal ini berdasar hasil polling DPW Seknas Jokowi Provinsi Jawa Timur kepada masyarakat di Jawa Timur terkait siapa siapa figur putra putri Jawa Timur yang dinilai layak untuk menjabat menteri di dalam kabinet Jokowi-KH Ma'ruf Amin. Nama KH.Afifuddin Muhajir menduduki posisi tertinggi sebagai figur pilihan masyarakat Jawa Timur untuk duduk di dalam posisi menteri di dalam kabinet Jokowi-KH Ma'ruf Amin.

Apabila kita membaca dari karya karya KH Afifuddin Muhajir, kita tidak akan heran, sebab di dalam karya karyanya tersebut beliau sering menulis mengenai instrume-instrumen di dalam sebuah negara atau dalam ilmu fikih disebut sebagai fikih siyasah.

Beliau juga sering berbicara di hadapan publik bagaimana tentang relasi agama dengan negara, negara Pancasila, mekanisme pemilihan pemimpin dan lain lain. Semua hal tersebut dibedah oleh KH Afifuddin Muhajir dalam sudut pandang fikih dan usul fikih.

KH Afifuddin Muhajir yang menjadi Syuriah PBNU 2010-2015 ini juga merasa aneh terhadap orang orang atau kelompok yang anti terhadap Pancasila. Bagi KH Afifuddin Muhajir Pancasila adalah sesuai dengan agama, Pancasila adalah yuwafiq ma'ad din, Pancasila tidak bertentangan dengan syariat, laa tukholif asy-syariah, Pancasila juga merupakan syariat itu sendiri ( dalam berbangsa dan bernegara), Pancasila hiya asy-syariah bi'ainiha.

Untuk itulah kami dari DPW Seknas Jokowi Provinsi Jawa Timur mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo agar KH Afifuddin Muhajir bisa mengisi jabatan Menteri Agama di dalam kabinet Presiden Jokowi dan KH Ma'ruf Amin, karena figur KH Afiffudin Muhajir ini sangat diperlukan untuk menjaga dan membentengi Pancasila dan NKRI. Di samping juga kita memerlukan berbagai pandangan dan keilmuan beliau didalam menjalankan tugas sebagai Menteri Agama Republik Indonesia.

M Ervan Hidayatullah
Sekretaris DPW Seknas Jokowi Jawa Timur

*) Konten yang ada di Rubrik Publicana merupakan rilis atau tulisan yang bersangkutan yang dimuat oleh Redaksi Publicanews. Isi menjadi tanggungjawab penulis/pengirim.

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top