Sikap Politik Seknas Jokowi Atas Pemilu 2019

publicanews - berita politik & hukumAcara syukuran Seknas Jokowi atas kemenangan Jokowi dalam Pilpres 2019. (Foto: istimewa)
Oleh: Dedy Mawardi

DENGAN memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah Tuhan Yang Maha Esa, seraya senantiasa memohon berkah, safaat dan petunjuk-Nya, serta didorong oleh rasa tanggung jawab politik sebagai organisasi relawan yang terkait langsung dengan Pemilu 2019, maka pada hari ini Selasa, 23 April 2019, Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Seknas Jokowi menyampaikan pernyataan sikap sebagai berikut :

1. Pemilu 2019 secara umum telah berlangsung aman, damai, lancar, terbuka dan diikuti secara antusias dengan rasa kegembiraan yang luar biasa oleh segenap Rakyat Indonesia, baik di dalam maupun di luar negeri.

2. Pelaksanaan Pemlu 2019 secara umum telah menjamin kebebasan dan kerahasiaan pemilih dan dilaksanakan secara jujur, adil dan transparan. Karenanya, Pemilu 2019 adalah mekanisme demokrasi yang diselenggarakan oleh lembaga penyelenggara pemilu (KPU & BAWASLU) yang konstitusional.

3. DPN Seknas Jokowi menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada jajaran KPU dan Bawaslu yang telah melaksanakan tugasnya secara profesional dan luar biasa.

4. Bahwa penyelenggarakan pemilu 2019 adalah Pemilu yang terbaik dalam sejarah penyelenggaraan pemilu di Indonesia.

5. Seknas Jokowi dalam kesempatan ini juga menyampaikan bela sungkawa yang dalam atas gugurnya 91 orang “Pahlawan Demokrasi” penyelenggara pemilu serta anggota POLRI dalam menjalankan tugas mulia pada pemilu 2019.

6. Mencermati hasil Pemilu sementara dari berbagai daerah, dan mengacu hasil hitung cepat (quick count) Pilpres 2019 oleh sejumlah lembaga survei yang kredibel, serta Real Count Internal yang sudah mendekati 100 % perhitungan manual. Paslon 01 Jokowi-Ma’ruf Amin mendulang suara sebanyak 55,45 %, sedangkan Paslon 02 Prabowo-Sandi 44,55%.

Seknas Jokowi melihat adanya harapan, keniscayaan dan peluang besar bahwa Pilpres 2019 akan dimenangkan oleh Paslon nomor 01 Ir. H. Joko Widodo – KH. Ma’ruf Amin.

Namun, Seknas Jokowi sesuai arahan Bapak Presiden Jokowi akan berkhidmat menunggu perhitungan real count oleh KPU.

7. Bahwa di berbagai tempat masih ada pelanggaran atau kesalahan teknis, Seknas Jokowi menyatakan semua itu hanya bersifat kasus per kasus dan TIDAK BERSIFAT sistimatis-terstruktur-masif.

8. Bahwa jika terjadi temuan pelanggaran dan/atau kecurangan maka semestinya diselesaikan melalui mekanisme konstitusional bukan sebaliknya membangun opini di ruang publik seolah-olah penyelenggara pemilu 2019 telah melakukan kecurangan serta menuduh lembaga penyelenggara quick count dan media massa ikut ‘bermain’ untuk memenangkan Paslon 01 Jokowi-Ma’ruf Amin.

9. Seknas Jokowi menghimbau kepada yang terhormat Bapak Prabowo Subianto untuk mengambil sikap seperti seorang Patriot yang Satria dalam mensikapi hasil Pemilu 2019 ini.

10. Ke depan, Seknas Jokowi akan ikut menyumbangkan gagasan tentang arah kebijakan dan penyempurnaan tata kelola pemerintahan, dengan mengacu pada aspirasi masyarakat yang terjaring melalui rangkaian “Forum Dialog dan Silaturahim Seknas Jokowi’’ di berbagai tempat sepanjang pra dan masa kampanye Pilpres, serta melakukan evaluasi kinerja para Menteri pada Kabinet Kerja I guna memberikan masukan kepada Paslon 01 Jokowi-Amin dalam proses rekruitmen Calon Menteri yang akan bertugas pada kabinet berikutnya.

11. Terakhir, Kami Seknas Jokowi mengucapkan terimakasih serta memberi apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada TNI dan POLRI yang telah membantu proses Pemilu 2019 berjalan dengan lancar, dan memberikan rasa aman serta nyaman kepada seluruh masyarakat yang mencoblos di TPS di seluruh Indonesia.

Demikian pernyataan DPN Seknas Jokowi disampaikan. Terimakasih.

Jakarta, 23 April 2019.
Dewan Pimpinan Nasional SEKNAS JOKOWI

Dedy Mawardi
Sekretaris Jenderal

*) Konten yang ada di Rubrik Publicana merupakan rilis atau tulisan yang bersangkutan yang dimuat oleh Redaksi Publicanews. Isi menjadi tanggungjawab penulis/pengirim.

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top