Isu Surat Suara Tercoblos, Nodai Pemilu 2019

publicanews - berita politik & hukumIlustrasi
Oleh: Fadli Ramadhanil

PERKUMPULAN untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) menyatakan beredarnya informasi tujuh kontainer surat suara yang sudah tercoblos, jelas menyengat banyak pihak. Kabar yang menyeruak di media sosial di antaranya dari pernyataan salah satu kader partai politik ini, tentu tidak main-main taruhannya adalah kepercayaan publik terhadap proses pemilu, dan integritas penyelenggara pemilu, serta kepercayaan semua orang pada hasil pemilu itu sendiri.

Oleh sebab itu, karena isu terkait suara yang sudah tercoblos sebanyak tujuh kontainer ini sudah mengisi ruang publik, membuat gaduh, dan tentu meresahkan semua pihak, maka Kami menyatakan sikap sebagai berikut:

1. Mendorong aparat penegak hukum, terutama Kepolisian untuk mengusut tuntas isu tujuh kontainer surat suara yang sudah tercoblos ini. Mulai dari sumber informasi pertama yang menyampaikan kabar tersebut, motif dari yang bersangkutan menyampaikan kabar itu, serta jika terdapat unsur pelanggaran dari perbuatan tersebut untuk secara adil dan profesional dilakukan penegakan hukum.

Penegakan hukum menjadi penting, agar ada pembelajaran dan efek jera bagi semua pihak terhadap penyebaran informasi yang tidak benar, apalagi berkaitan dengan kontestasi pemilu.

2. Meminta dan menghimbau kepada semua pihak, terutama peserta pemilu, tim kampanye, relawan, dan semua pihak yang berkaitan langsung ataupun tidak langsung dengan kontestasi pemilu, untuk tidak menyampaikan informasi yang tidak benar, fitnah, menimbulkan keresahan, apalagi menganggu dan berpotensi merusak kepercayaan publik terhadap proses Pemilu 2019 yang secara historis pertama kali akan dilaksanakan serentak pada 17 April 2019 mendatang.

3. Mengajak masyarakat, pemilih, dan semua elemen bangsa untuk cermat dan berhati-hati dalam menerima informasi, menyaring informasi, dan menyebarluaskan informasi, agar tidak terjadi penyebaran berita bohong yang akan menimbulkan efek buruk dan merusak terhadap proses penyelenggaraan pemilu.

Demikianlah pernyataan sikap ini disampaikan, atas perhatiannya Kami ucapkan terima kasih.

Fadli Ramadhanil
Peneliti Hukum Perludem

*) Konten yang ada di Rubrik Publicana merupakan rilis atau tulisan yang bersangkutan yang dimuat oleh Redaksi Publicanews. Isi menjadi tanggungjawab penulis/pengirim.

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top