Mahasiswa UNY Tuntut Pemerintah Tuntaskan Pelanggaran HAM Masa Lalu

publicanews - berita politik & hukumMahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) melakukan aksi damai memperingati Hari HAM Sedunia di kawasan Tugu Pal Putih Yogyakarta. (Foto: Istimewa)
Oleh: Sabit Irfani

HARI Hak Asasi Manusia Internasional yang diperingati setiap 10 Desember menjadi momentum untuk merefleksikan kembali isu-isu HAM dan penyelesaiannya. Perjuangan penegakan HAM merupakan sebuah keharusan karena HAM menjadi hak dasar bagi setiap manusia dan tidak ada satupun pihak penguasa yang berhak merampas kemerdekaan HAM seseorang.

Dalam rangka memperingati Hari HAM Sedunia. Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) melakukan aksi damai di kawasan Tugu Pal Putih Yogyakarta.

Aksi tersebut merupakan sebuah proyek yang dirancang oleh mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum. Dalam aksi tersebut, Daffa Fakhri M. selaku koordinator umum aksi membacakan press release yang menyatakan sikap tegas mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum, FIS UNY, diantaranya:

Menuntut keseriusan pemerintah dalam melaksanakan kewajibannya untuk melindungi, menghormati, dan memenuhi HAM Indonesia dengan sama rata tanpa diskriminasi

Menuntut keseriusan pemerintah untuk mengusut tuntas kasus pelanggaran HAM masa lalu

Menuntut keseriusan pemerintah untuk mengusut tuntas pelanggaran hak-hak sipil dan politik yang masih banyak terjadindi DIY

Menuntut pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk melaksanakan dan menegakan perlindungan HAM bagi seluruh rakyat Indonesia.

Ahmad Bachtiar selaku koordinator lapangan menambahkan dalam aksi ini kasus yang di angkat diantatanya kasus Novel Baswedan, jurnalis Udin. Dalam keterangannya, Bachtiar mengatakan aksi ini berjalan dengan lancar tanpa tindakan anarkis.

Semoga dalam peringatan Hak Asasi Manusia hari ini dapat mengembalikan spirit perjuangan penegakan Hak Asasi Manusia sebagaimana amanat konstitusi.

Sabit Irfani
Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum, UNY

*) Konten yang ada di Rubrik Publicana merupakan rilis atau tulisan yang bersangkutan yang dimuat oleh Redaksi Publicanews. Isi menjadi tanggungjawab penulis/pengirim.

Berita Terkait

Komentar(1)

Login
  1. Anak Gaul @gakasikah10 Desember 2018 | 20:48:02

    Asyik nih. Mahasiswa masih pada sadar nih. Lanjooot.

Back to Top