PDIP Kalah di 11 Pilgub, Nasdem Berjaya

publicanews - berita politik & hukumKetua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bersama jajaran DPP. (Foto: PDIPerjuangan.id)
PUBLICANEWS, Jakarta - Pemilihan gubernur yang berlangsung di 17 Provinsi, berdasar hitung cepat lembaga survei, PDIP hanya menang di enam daerah. Keenam provinsi itu yakni Bali, Jateng, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Sulsel.

Sekretaris Badan Pendidikan dan Pelatihan DPP PDIP Eva K Sundari mengatakan, partainya masih menunggu hasil perhitungan manual oleh KPU.

Kekalahan PDIP, menurut Eva, disebabkan oleh, antara lain, faktor ketokohan calon yang diusung partainya. Tingkat popularitas mereka tidak mampu mendongkrak suara.

“Mungkin karena ketokohan yang tidak pas, strategi kampanye yang tidak pas. Tapi ini by case ya,” ujarnya saat dihubungi wartawan, Kamis (28/6).

Namun Eva menegaskan bahwa kekalahan di beberapa provinsi tidak bisa disebut sebagai kelemahan PDIP. Menurutnya, ada juga beberapa daerah yang bukan basis PDIP, tapi hasilnya cukup baik.

"Jadi, bukan kemudian ada orang yang menyimpulkan PDIP calonnya rontok semua. Tidak bisa seperti itu karena di Jatim kan daerahnya NU tapi PDIP bisa ngangkat segitu, artinya lumayan," katanya.

Pilkada serentak 2018 menjadi kabar baik bagi Partai Nasdem. Paslon yang diusung partai besutan Surya Paloh itu memenangkan kontestasi di 11 provinsi.

Berdasarkan hasil hitung cepat, Nasdem menang di 11 provinsi. Jagoan mereka unggul di Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Maluku, dan Nusa Tenggara Timur.

Hasil yang sama juga terjadi di Papua, Sumatera Utara, Sulawesi Tenggara, Riau, Kalimantan Barat, dan Sumatera Selatan. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top