Ketua KPPS Curi Surat Suara Dicoblosi di Rumah

publicanews - berita politik & hukumPelipatan surat suara untuk Pilkada serentak 2018 di Papua, Senin (25/6). (Foto: istimewa)
PUBLICANEWS, Jakarta - Pilkada serentak 2018 telah berjalan aman dan kondusif. Penilaian itu disampaikan Menko Polhukam Wiranto dalam teleconference, Rabu (27/6) kemarin.

Meski demikian, hari pemungutan suara diakui ada insiden kecil. Ia menyebut, misalnya, petugas KPPS sempat membawa kabur kotak dan surat suara dari TPS.

"Di Kabupaten Jayawijaya ada KPPS yang membawa kabur logistik pemilu, di satu TPS saja," ujar Wiranto usai video conference di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan.

Wiranto mengatakan, insiden tersebut langsung ditangani. Petugas bernama Amalus Wetapo tersebut sudah diamankan.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian menambahkan, kejadian seperti yang dilakukan Amalus kerap terjadi di Papua. Hal itu disebabkan unsur primordialisme.

"Keberpihakan terhadap paslon tertentu karena keluarga, suku, dan lain-lain," kata Tito yang pernah menjabat Kapolda Papua selama dua tahun itu.

Terkait kasus itu, Tito mengatakan penyelenggara pemilu tengah mencari solusi untuk surat suara yang rusak akibat dicoblos sendiri oleh pelaku.

Diketahui, Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Wamena, Jayawijaya, Papua membawa ke rumah logistik Pilkada 2018.

Akibatnya, proses pemungutan suara di TPS yang ia pimpin tidak berjalan normal. Peristiwa baru diketahui pukul 10.00 WIT.

"Petugas mendapati kotak suara di TPS 5 Distrik Wamena hilang," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Mohammad Iqbal, Rabu kemarin.

Setelah diakukan pencarian diketahui kotak dan surat suara ada di rumah Amalus Wetapo. "Ketua KPPS sedang coblos-coblosi surat suaranya," ujar Iqbal menambahkan.

TPS tersebut melaksanakan dua pilkada yakni pemilihan Bupati Jayawijaya dan Gubernur Papua. Pilbup dengan satu calon tunggal, sementara untuk pilgub ada dua paslon. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top