Pilkada 2018

Bak Ujian, Materi Debat Cagub Jabar Disusun 18 Guru Besar

publicanews - berita politik & hukumEmpat paslon Pilkada Jabar 2018 swafoto menjelang tes kesehatan. (Foto: istimewa)
PUBLICANEWS, Bandung - Empat pasangan kontestan Pilkada Jawa Barat 2018 akan mengawali debat perdana di Gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), Jalan Tamansari, Bandung, Senin (12/3) malam nanti.

Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat mengatakan, materi debat disusun tim perumus yang terdiri para guru besar dan dosen senior dari berbagai disiplin ilmu dan keahlian. Mereka dari IPB, Unpar, Unisba, UI, UPI, Unpad, dan UIN Sunan Gunung Djati.

"Materi pertanyaan terkait hukum, politik, ekonomi, dan pemerintahan daerah," kata Yayat, Senin siang.

Menanggapi debat paslon ini, kandidat gubernur Ridwan Kamil menilai ini ibarat ujian. "Kami sudah belajar, sudah latihan, mengantisipasi pertanyaan, apalagi daftar pertanyaan ini disusun oleh 18 guru besar. Seperti ujian," ujar Walikota nonaktif Bandung ini.

Terpisah, pasangan yang diusung PDIP TB Hasanuddin dan Anton Charliyan mempersiapkan debat dengan menyewa tenaga ahli untuk memberi masukan pasangan bernama Hasanah ini. "Insya Allah sangat siap sekali, dan ini semata-mata niat tulus untuk menyejahterakan masyarakat dan memajukan pembangunan di Jawa Barat," kata Ketua tim media pasangan Hasanah, Budiana.

Sementara cagub Sudrajat mengatakan telah mempersiapkan debat secara fisik dan mental. "Menjaga kesehatan saja, supaya pada saat waktunya saya sehat," ujar Sudrajat dalam rilisnya, siang ini.

Paslon Asyik (ajat-Syaikhu) ini mengatakan memperisapakan dengan mempelajari permasahalan di Jabar. "Saya kira semua paslon sama persiapannya. Semua mengalir saja seperti air," kata Purnawirawan TNI AD ini.

Petahana Deddy Mizwar mengklaim paling siap karena berpengalaman memahami persoalan Jawa Barat. Meski demikian aktor kawakan ini mengaku tetap harus berlatih di sela waktu kampanye bersama cawagub Dedi Mulyadi. "Persiapannya hanya penajaman visi misi saja, terutama terkait tema yang sudah disiapkan KPU," ujar Deddy.

Acara debat perdana ini akan dihadiri 1.400 undangan, sekitar 800 orang berasal dari pendukung masing-masing calon. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top