Masih Ada Ribuan Pemilih Ganda di Jambi

publicanews - berita politik & hukumPenyerahan berita acara hasil pencermatan DPT ganda oleh Bawaslu kepada KPU Provinsi Jambi. (Foto: Bawaslu Jambi)
PUBLICANEWS, Jambi - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi, menemukan data pemilih ganda. Mulai satu nama dua NIK, nama lain tapi NIK sama, dan nama sama serta tanggal lahir sama.

"Sebanyak 7.395 pemiih terindikasi ganda. Ada juga yang meninggal masih ditemukan dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap) 85 orang," kata Ketua Bawaslu Sarolangun Edi Martono kepada wartawan, Rabu (12/9).

Bawaslu Sarolangun berinisiatif melakukan koordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat. Edi akan memastikan, jika benar temuan tersebut akan segera diperbaiki. "Semuanya akan melibatkan Disdukcapil," ujarnya.

Sebelumnya, Bawaslu Provinsi Jambi melakukan pencermatan dan analisis terhadap pemilih ganda dalam DPT Pemilu 2019 di setiap kabupaten/kota.

Terpisah, Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Provinsi Jambi Fahrul Rozi mengatakan, hasil pencermatan ini telah diserahkan ke KPU Jambi pada Senin (10/9) malam.

DPT yang bermasalah ini mulai dari pemilih yang tidak memenuhi syarat, pemilih yang memenuhi syarat tetapi tidak masuk dalam DPT, serta kesalahan elemen informasi dalam DPT.

"Kami sampaikan untuk dilakukan perbaikan dan penelitian," ia menambahkan. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top