Belasan Bakal Caleg Brebes Mundur

publicanews - berita politik & hukumKetua KPU Brebes Muamar Riza Pahlevi. (Foo: muamarrizapahlevi.blogspot.com)
PUBLICANEWS, Brebes - Ketua KPU Brebes Muamar Riza Pahlevi mengatakan ada 22 bakal calon anggota legislatif (caleg) yang mundur lantaran ragam alasan, termasuk tidak memenuhi syarat.

Sebanyak 12 di antaranya sudah ada penggantinya, 10 lainnya belum.

"Dengan pengunduran diri itu pihak yang bersangkutan tidak bisa mencalonkan diri pada Pemilu 2019," kata Muamar di Brebes, Jawa Tengah,, Kamis (2/8).

Bakal caleg yang mundur telah menyerahkan surat pengunduran diri beserta berkas perbaikan syarat ke kantor KPU Brebes.

Sebelumnya, ada 503 orang yang didaftarkan seluruh parpol ke KPUD. Namun, setelah proses perbaikan menjadi 493 orang. Hal ini karena 10 orang yang mundur belum ada penggantinya.

Bakal caleg yang mundur dan belum ada penggantinya yakni berasal dari PKS 1 orang, Perindo 1 orang, PPP 2 orang, Partai Berkarya 5 orang, dan PBB 1 orang.

Sementara yang sudah ada penggantinya berasal dari PKS 1 orang, Perindo 1 orang, PPP 2 orang, Golkar 1 orang, Hanura 1 orang, Nasdem 4 orang, dan Berkarya 2 orang.

Selain itu, ada empat caleg yang pindah daerah pemilihan, yakni dari Partai Berkarya. Kemudian ada yang mundur karena mantan napi. Ada empat dari Nasdem, Demokrat, Gerindra, dan Partai Garuda.

"Empat bacaleg eks napi itu masih boleh ikut Pemilu 2019 karena tidak tersangkut tiga kasus yang dilarang dalam PKPU. Sehingga, mereka memenuhi syarat," ujar Muamar.

Keempat bakal caleg itu terjerat kasus ilegal logging, dan narkoba sebagai pengguna. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top