MK Gelar Sidang Sengketa Hasil Pilkada 2020

publicanews - berita politik & hukumGedung Mahkamah Konstitusi (MK). (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Jakarta - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menghadiri sidang perdana Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) Pilkada 2020 di Mahkamah Konstitusi (MK). Bawaslu hadir sebagai pemberi keterangan dalam sidang pembacaan permohonan dari pemohon.

Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar yang hadir meminta Bawaslu daerah mempersiapkan diri. "Kalau ditanya oleh hakim bisa menunjukan bukti dan jawaban yang tepat sesuai dengan permohonan," kata Fritz di Gedung MK, Jakarta, Selasa (26/1).

Usai pembacaan permohonan pemohon hari ini, minggu depan Bawaslu daerah akan memberikan keterangan bersama dengan termohon dan pihak terkait.

Dalam kesempatan itu, Fritz juga mengapresiasi MK yang telah memberikan fasilitas pemeriksaan swab bagi peserta sidang. "Bawaslu RI juga mendapatkan ruangan agar Bawaslu daerah dapat menyampaikan berbagai dokumen," ia menambahkan.

Diketahui MK sudah meregistrasi 132 perkara sengketa hasil Pilkada 2020, yakni 7 kasus pemilihan gubernur, bupati 112 perkara, dan walikota 13 perkara.

Sidang pendahuluan terbagi dalam tiga panel sidang dan dilakukan secara luring atau kehadiran secara fisik.

Namun, pelaksanaan tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan dengan membatasi kehadiran pemohon dan termohon. Pihak termohon dibatasi hanya dua orang, yakni satu anggota KPU dan satu kuasa hukum. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top