Pilkada 2020

Denny Indrayana dan Petahana Gubernur Kalsel Saling Klaim Menang

publicanews - berita politik & hukumCagub Kalsel Denny Indrayana. (Foto: Instagram/@indrayana).
PUBLICANEWS, Banjarmasin - Dua pasangan calon (paslon) peserta Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kalimantan Selatan saling mengklaim kemenangan. Pasanga tersebut yaitu petahana Sahbirin Noor-Muhidin dan Denny Indrayana - Difriadi.

Ketua Tim Pemenangan petahana Muhammad Rifqinizami Karsayuda mengklaim telah memegang hasil dari seluruh perhitungan hasil real count Form C1 dari seluruh tempat pemungutan suara (TPS) di Kalimantan Selatan.

"Kami hanya memaparkan data yang kami punya, berdasar formulir C. Hasil-KWK dari para saksi di 9.069 TPS dari 153 desa seluruh Kalsel," ujarnya kepada wartawan, Minggu (13/12).

Berdasar hasil tersebut, Rifqi menambahkan, paslon petahana menang. Ia mengingatkan pihak lain yang ingin membeli formulir hasil rekapitulasi penghitungan suara di tiap tempat pemungutan suara (TPS) seluruh Kalsel.

"Ada oknum pihak tertentu ingin mengambil tanpa hak, meminta tanpa hak, bahkan ingin membeli formulir C1 di setiap TPS oleh oknum-oknum tertentu di Kalsel," katanya.

Kemenangan petahana ini sudah disinggung Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto. "Di Kalimantan Selatan pasangan Sahbirin Noor dan Muhidin juga menang tipis," ujar Airlangga, kemarin.

Di sisi lain, cagub Denny Indrayana menemukan kejanggalan di sejumlah TPS. Di Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin, misalnya, adanya 10 TPS dengan kemenangan mutlak paslon lawan. Ia sama sekali tidak mendapatkan suara.

"Bahkan, tingkat kehadiran pemilih 100 persen, hasil coblosnya pun 100 persen. Padahal, rata-rata kehadiran pemilihan ke TPS saat Covid-19 ini lebih 50 persen saja sudah bagus," kata Denny.

Seperti rivalnya, mantan Wakil Menteri Hukum dan HAM tersebut juga menyatakan telah memenangkan Pilkada. Pernyataan kemenangan itu diunggah dalam video dengan latar lagu Gugur Bunga. "Alhamdulilah, kita Menang,. Kita kawal terus kemenangan ini," Denny menulis dalam videonya.

Berdasar hasil dari laman pilkada2020.kpu.go.id, pada siang ini jumlah real count KPU sudah masuk 63,33 persen. Petahana memperoleh 527.348 suara atau 49,9 persen, pasangan Denny Indrayana-Difriadi 530.169 suara atau 51,0 persen. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top