Mahfud MD Sebut 1.510 Pelanggaran Kecil Prokes Pilkada

publicanews - berita politik & hukumMenko Polhukam Mahfud MD. (Foto: Instagram/@mohmahfudmd)
PUBLICANEWS, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan pelanggaran kecil-kecil terjadi dalam Pilkada. Dari 73.500 kegiatan yang digelar ditemukan kurang lebih 1.510 pelanggaran protokol kesehatan.

"Jadi pelanggararan sekitar 2,2 persen. Misalnya lupa pakai masker, jumlah di ruangan lebih dari ketentuan, dan sebagainya," kata Mahfud melalui rilis, Selasa (24/11).

Kasus pelanggaran prokes ini sudah ditangani secara hukum. Terdapat 16 tindak pidana yang sekarang dalam proses penyidikan, penyidikan, dan juga sudah dalam proses peradilan juga.

"Jadi jangan bilang bahwa tidak ada tindakan. Semua sudah ditindak, ada yang melanggar protokol, ada yang diperingatkan langsung berubah, kemudian ada yang diproses pidana dan sebagainya," Mahfud menjelaskan.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu mengatakan tak segan memberikan sanksi diskualifikasi. "Kalau melakukan pelanggaran protokol kesehatan kami tindak, seperti yang lain, bahkan sampai diskualifikasi, tergantung pada kapasitas pelanggarannya," ia menegaskan.

Mahfud juga meminta, masyarakat mendukung pelaksanaan Pilkada, karena momen ini hanya lima tahun sekali.  Pilkada serentak yang akan digelar 9 Desember mendatang meliputi 270 daerah. Rinciannya adalah 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top