Pilkada 2020

KPU Sediakan Bilik Suara Khusus Pemilih Bersuhu Tinggi

publicanews - berita politik & hukumSimulasi pencoblosan di Ponorogo, Jatim, Sabtu (21/11). (Foto: jatimnow.com)
PUBLICANEWS, Ponorogo - KPU Ponorogo akan menyiapkan bilik suara Pilkada 2020 khusus bagi pemilih yang bersuhu tinggi di atas 37 derajat celcius.

Divisi Teknis Penyelenggara KPU Ponorogo Arwan Hamidi mengungkapkan, fasilitas tersebut penting mengingat Pilkada masih dalam kondisi pandemi.

"Nanti kita siapkan pendamping satu orang, untuk warga yang memerlukan pendampingan," kata Arwan kepada wartawan, Sabtu (21/11).

Bilik suara khusus yang diuji coba dalam simulasi pencoblosan di Ponorogo. Simulasi tersebut serentak digelar hari ini di 4 kabupaten di Jawa Timur.

Arwan menjelaskan, jajarannya mengundang 340 pemilih riil dari warga setempat untuk mengikuti simulasi pemungutan suara.

"Simulasi ini penting untuk melihat bagaimana kesiapan KPU di masa pandemi, termasuk seberapa efektif waktu, jaga jarak dan proses pemilihan," ujarnya.

Dalam simulasi itu, KPU Ponorogo menggunakan tiga bilik suara, salah satunya bilik khusus. Meski begitu, surat suara bilik khusus tetap dimasukkan menjadi satu kotak dengan yang lain.

"Kita juga akan rutin semprot desinfektan supaya semua aman," Arwan menuturkan.

Pada proses pemilih datang ke TPS, petugas wajib mengecek suhu tubuh mereka sebelum mendaftar kehadiran. "Setelah itu pemilih menunggu namanya dipanggil kemudian diberikan sarung tangan plastik yang kemudian melakukan pencoblosan di bilik suara," katanya.

Untuk rekapitulasi akan menggunakan aplikasi sistem informasi rekapitulasi elektronik (sirekap). Tujuannya untuk mempercepat proses rekapitulasi sekaligus bisa dipantau secara langsung oleh KPU.

"Tiap TPS ada akun sendiri untuk memasukkan penghitungan ke dalam sirekap. Aplikasi ini juga menimalisir penggunaan kertas," Arwan menambahkan. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top