Pilkada Kapuas Hulu

Bawaslu Temukan Kepala Dusun Masuk Tim Sukses

publicanews - berita politik & hukumKoordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga, Bawaslu Kapuas Hulu, Haidir. (Foto: bawaslu.go.id)
PUBLICANEWS, Kapuas Hulu - Bawaslu Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, mendapat laporan adanya perangkat desa yang menjadi tim sukses salah satu pasangan calon (paslon) Pilkada 2020.

"Salah satu kepala dusun di Kecamatan Seberuang masuk dalam tim sukses, kami akan lakukan pemanggilan kepada yang bersangkutan," kata Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kapuas Hulu Haidir, Kamis (29/10).

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa (UU Desa) sudah jelas menyatakan perangkat desa tidak boleh terlibat dalam politik praktis. Bawaslu Kapuas Hulu akan memanggil kepala dusun yang bersangkutan.

"Jika memang terbukti kepala dusun tersebut dengan kemauan sendiri masuk sebagai tim sukses maka akan kita tindaklanjuti sesuai aturan berlaku," Haidir menegaskan.

Ia mengingatkan perangkat desa maupun Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ikut berpolitik praktis harus mengundurkan diri terlebih dahulu dari jabatannya. Bawaslu akan memperketat pengawasan karena menduga pelanggaran serupa juga terjadi di daerah lain wilayah Kapuas Hulu.

Ia menjelaskan ada dua kemungkinan perangkat desa jadi timses, yakni kemauan sendiri atau dan namanya dicatut. "Itu yang kami masih tindaklanjuti dan pengawasan terus kami perketat hingga tingkat desa dan dusun," kata Haidir. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top