Pilkada 2020

Politik Uang Berkedok Bantuan Bencana di Cianjur

publicanews - berita politik & hukumKomisioner Bawaslu Kabupaten Cianjur Hadi Dzikri Nur. (Foto: sukabumiupdate.com)
PUBLICANEWS, Cianjur - Bawaslu Kabupaten Cianjur mendapat laporan adanya dugaan politik uang yang dilakukan Ketua Pengurus Anak Cabang (PAC) Partai Gerindra Kecamatan Agrabainta SS (30).

Komisioner Bawaslu Cianjur Hadi Dzikri Nur mengungkapkan, temuan tersebut terjadi pada 7 Oktober lalu.

"Temuan perdana terkait money politic akan dilimpahkan ke Polres Cianjur untuk penyelidikan lebih lanjut," kata Hadi kepada wartawan di kantornya, Senin (19/10).

Menurut Hadi, SS membagikan beras dan banner dari paslon nomor urut 2 yang diusung partainya. Panwascam Agrabinta menemukan beras sebanyak 5 kg dengan atribut partai yang dibagikan kepada warga terdampak banjir bandang di Kecamatan Agrabinta.

"Ada 4 orang yang menerima bantuan beras dengan barang bukti lima kantong plastik beras. Dua di antaranya juga mendapat banner Paslon nomor urut 2," ujar Hadi.

Meski berupa beras hal itu masuk dalam kategori politik uang. "Dalam aturannya kan kategori money politic itu memberikan uang atau berupa barang lainnya," katanya.

Saat ini SS dan sejumlah relawannya menjalani pemeriksaan. Mereka terancam Pasal 73 ayat 1 dan ayat 4 Undang-Undang Nomor 10 tahun 2016 tentang Pemilu.

Berdasarkan hasil rapat sentra Gakkumdu, Bawaslu akan meneruskan kasus tersebut kepada pihak kepolisian. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top