Pilkada 2020

Paslon Bupati Purbalingga Oji-Jeni Akui Sempat Positif Covid-19

publicanews - berita politik & hukumPaslon Pilkada Purbalingga Oji-Jeni. (Foto: Istimewa)
PUBLICANEWS, Purbalingga - Calon Bupati Purbalingga Muhammad Sulhan Fauzi (Oji) mengaku sempat dirawat karena positif Covid-19. Hal itu menjadi alasan ia absen saat pengundian nomor urut di KPU Purbalingga beberapa waktu lalu.

"Saat itu saya sudah merasa tidak enak badan dan saya putuskan untuk kembali ke Jakarta. Hari Sabtu (12/9), bersama driver melakukan tes swab, hasil tes saya tunggu hingga hari Minggu (13/9) sore. Saya dapatkan email dari RS Pondok Indah, yang menyatakan bahwa saya terkena Covid-19," kata Oji saat konferensi pers di Purbalingga, Jawa Tengah, Minggu (4/10).

Oji sempat kaget dengan hasil reaktifnya itu. Ia segera mencari referensi rumah sakit rujukan Covid-19 di Jakarta. "Dari situ, saya putuskan untuk menjalani isolasi dulu di Mayapada Hospital Jakarta. sesuai prosedur," ujarnya.

Sekitar 8 hari Oji isolasi mandiri hingga pada 20 September saat melakukan test swab, hasilnya ia dinyatakan negatif COVlD-19.

Kabar ia masuk rumah sakit sempat memicu kontroversi karena ia tidak memberitahu siapapun soal terjangkit Corona. Hingga akhirnya Oji terbuka pada publik ketika telah dinyatakan sembuh.

"Jadi waktu itu saya sedang memastikan sakit saya apa, kemudian yang kedua saya tidak ingin terjadi bola liar di masyarakat Purbalingga. Sehingga saya memang sengaja keep sakit saya untuk diri saya sendiri, tapi setelah semuanya sudah beres apalagi saya sudah sehat saya menyampaikan kepada masyarakat secara jujur," ia menjelaskan.

Hal sama dinyatakan calon wakilnya Zaini Makarim Surpiyatno. Ia mengatakan usai Oji dinyatakan positif, ia pun bergegas memeriksakan diri bersama sang istri ke RSUD Margono Soekarjo, Purwokerto.

Hasil tes menunjukkan Zaini juga positif, sementara sang istri negatif Covid-19. Ia pun melakukan isolasi mandiri di rumah.

Adik ipar Gubernur Jateng Ganjar Pranowo itu kemudian kembali melakukan tes swab sehari sebelum pengundian nomor urut, Rabu (23/9) lalu. Namun, kala itu ia masih dinyatakan positif Covid-19.

"Alhamdulillah saya dinyatakan sembuh dan negatif Covid-19 pada sore harinya. Sehingga atas izin dokter pun saya bisa berkumpul kembali dengan keluarga, dan pulang ke rumah seperti sedia kala," ujarnya.

Pilkada Purbalingga diikuti dua pasangan calon. Yakni Dyah Hayuning Pratiwi dan Sudono yang diusung PDIP, Golkar, PAN dan PKS. Kemudian pasangan Mohamad Sulhan Fauzi dan Zaini Makarim Supriatno yang di usung oleh PKB, Gerindra, Nasdem dan Demokrat. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top