Pilwakot Solo 2020

Gibran dan Bajo Ditegur Karena Arak-arakan Massa

publicanews - berita politik & hukumPasangan calon Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa saat mendaftar ke kantor KPU Solo, Jumat (4/9). (Foto: solopos.com)
PUBLICANEWS, Solo - Bawaslu Kota Solo melayangkan teguran kepada dua pasangan calon Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa maupun Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo). Kedua paslon membawa massa saat pendaftaran ke kantor KPU Solo.

"Gibran-Teguh mendaftar Jumat (4/9), sedangkan Bajo hari ini. Hampir semuanya sudah oke, hanya masalah jaga jarak yang kurang. Kita sudah berikan teguran," kata Divisi Pengawasan Bawaslu Kota Solo Muh Muttaqin kepada wartawan, Minggu (6/9).

Berdasarkan pantauan, massa yang mengawal pasangan Bajo kurang lebih seribu orang. Sementara Gibran-Teguh hanya diarak sekitar ratusan orang.

"Mereka terlihat memadati sepanjang jalan masuk menuju kantor KPU Solo, namun tetap menggunakan masker," ujar Muttaqin.

KPU Solo telah mengeluarkan aturan pembatasan massa pendamping masing-masing paslon. Adapun batasannya yakni hanya 30 orang yang boleh berada di halaman serta 12 orang saat pemeriksaan berkas.

"Tapi secara umum bisa dikendalikan. Setelah pendaftaran pertama, untuk yang hari ini sudah agak longgar," Muttaqin menjelaskan.

Terpisah, Ketua Pelaksana Harian Tim Pemenangan Bajo, Robert Hananto, mengatakan sudah mensosialisasikan aturan pembatasan kepada para pendukungnya.

"Kita sudah mengatur agar tetap sesuai dengan protokol kesehatan. Mereka juga berjalan menggunakan jarak," Robert menandaskan. (imo)

Berita Terkait

Komentar(1)

Login
  1. cin94 @cin9410 September 2020 | 20:34:32

    weleh weleh..

Back to Top