Pilbup Kediri 2020

Pasangan Putra Pramono Anung Belum Direstui NU

publicanews - berita politik & hukumPasangan bakal calon Pilbup Kediri Hanindhito Himawan Pramono-Dewi Maria Ulfa. (Foto: Istimewa)
PUBLICANEWS, Kediri - Meskipun mendapat dukungan dari mayoritas pemilik kursi DPRD Kabupaten Kediri, namun pasangan bakal calon Hanindhito Himawan Pramono-Dewi Maria Ulfa tampaknya sedikit terkendala. Keduanya belum mendapat resru dari Nahdlatul Ulama (NU) meskipun Dewi adalah bagian dari Fatayat NU.

Menurut Ketua PCNU Kabupaten Kediri Muhammad Ma'mun, Dewi belum pernah meminta izin kepada Tanfidziyah maupun Rois Syuriah NU.

"Belum pernah, jadi kami merasa tidak pernah untuk diajak berbicara. Saya pun bila maju, harus minta izin," kata Gus Ma'mun kepada wartawan, Senin (3/8).

Ia mengingatkan bahwa meminta restu bukan sekadar pemberitahuan. Ia menjelaskan, bagi seorang anggota NU yang maju dalam pilkada maka harus mendapat restu dari Rois Syuriah.

"Harus matur dan disetujui Rois Syuriah sebelum maju. Itu yang saya lestarikan, budaya akhlakul karimah. Kalau dikatakan semacam pamitan, bahwa saya izin dulu, sebelum melangkah," ujar Gus Ma'mun.

Soal kemungkinan pasangan putra sulung Sekretaris Kabinet Pramono Anung itu dengan Dewi menjadi calon tunggal, Gus Ma'mun tidak masalah. "Kalau memang calon tunggal adalah yang terbaik dan pilihan rakyat, kami tidak ada masalah dengan calon tunggal, namun KPU kan belum memutuskan," ia menegaskan.

Sejauh ini belum ada tanggapan dari Dewi perihal NU yang belum memberikan restu tersebut. Dewi berasal dari PKB. (imo)

Berita Terkait

Komentar(1)

Login
  1. Cewek Kepo @ceweKepo03 Agustus 2020 | 18:39:33

    waduh. berpengaruh gak?

Back to Top