Pengganti Hanafi Rais Peraih 7.069 Suara di Dapil DIY

publicanews - berita politik & hukumHanafi Rais. (Foto: krjogya)
PUBLICANEWS, Yogyakarta - Ketua Fraksi PAN Hanafi Rais undur diri dari DPR. Teka-teki calon pengganti anak sulung deklarator PAN Amien Rais di parlemen itu pun menjadi perbincangan.

Ketua KPU DIY Hamdan Kuriawan mengatakan, Pergantian Antar Waktu (PAW) menjadi wewenangan KPU Pusat. Proses PAW dimulai dari partai mengajukan ke DPR, kemudian DPR menyampaikan surat ke KPU.

KPU mempunyai wewenang menindaklanjuti maksimal selama lima hari kerja untuk mengirimkan kembali. "Siapa penggantinya berdasarkan suara terbanyak berikutnya," Hamdan menjelaskan, Kamis (7/5).

Hamdan mengacu pada Pasal 242 ayat 1 UU Nomor 17/2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3). Di sana diatur anggota DPR yang berhenti antarwaktu digantikan oleh calon yang memperoleh suara terbanyak urutan berikutnya dalam parpol dan daerah pemilihan yang sama.

Beleid itu berlaku di semua jenjang legislatif, baik kabupaten, kota, provinsi maupun Pusat.

Bila mengacu ketentuan tersebut maka posisi Hanafi akan digantikan mantan dosen UGM Yuni Astuti. Ia memperoleh suara PAN terbanyak kedua pada Pemilu 2019 lalu dengan 7.069 suara di Dapil DIY.

Politikus PAN itu mendapatkan suara dari Kota Jogja 582 suara, Sleman 2.622 suara, Gunungkidul 1.143 suara, Bantul 1.462 suara, dan Kulonprogo 1.260 suara. Sementara suara di bawah Yuni adalah Ibnu Mahmud Bilaludin dengan total perolehan 6.627 suara. 

Perolehan suara tersebut memang jauh di bawah Hanafi Rais yang di dapil DIY meraup 171.316 suara. Mengenai pengganti Hanafi, DPP PAN belum memberi keputusan. (feh)

Berita Terkait

Komentar(1)

Login
  1. Atang Sanjaya @atangsj08 Mei 2020 | 01:53:15

    Walah...selisihnya jauh bgt ya.

Back to Top