Pilkada 2020

Bupati Jember Tempelkan Fotonya di Karung Beras Bantuan Corona

publicanews - berita politik & hukumKemasan beras Bulog untuk masyarakat terdampak Covid-19 berlogo Bupati Jember. (Foto: Istimewa)
PUBLICANEWS, Jember - Foto Bupati Jember Faida mejeng di karung beras 50 kg bantuan pemerintah pusat yang disalurkan Bulog. Kasus ini mirip dengan Bupati Klaten, Jawa Tengah.

Faida tengah nyalon kembali, ia akan berpasangan dengan Dwi Arya Nugraha Oktavianto alias Mas Vian. Pasangan calon ini maju dari jalur independen. Selain foto, karung beras juga disablon dengan tulisan 'Untuk Bantuan Penanganan Covid-19 Tahun 2020. GRATIS'.

Temuan itu membuat berang anggota DPRD Jember, Jawa Timur. Rabu (29/4) malam, mereka mendatangi gudang Bulog.

Hasil sidak mendapati karung beras tinggal 3 ton. "Dari total 50,3 ton beras Bulog, yang tersisa tinggal sekitar 3 ton di Gudang Bulog yang ada di Desa Pecoro. Semuanya ada gambar Bupati Faida," ujar Ketua DPRD Jember Itqon Syauqi usai sidak.

Sisa beras itu kemudian diminta agar dikemas ulang oleh Bulog menggunakan karung Bulog sehingga tidak terjadi kapitalisasi politik di atas bencana Covid-19. Apalagi beras bukan berasal dari Pemda Jember.

Ganjar Tegur Sri Mulyani Setelah Ramai #BupatiKlatenMemalukan

Bulog berdalih sudah menyiapkan kemasan sendiri, namun tidak digunakan oleh Pemkab Jember.

"Kita tidak ikut campur untuk kemasan, itu kewenangannya bupati untuk penyampaian ke masyarakat. Kita hanya serah terima ke bupati," ujar Kepala Perum Bulog Cabang Jember Jamaludin secara terpisah.

Pendistribusian beras, katanya, dilakukan oleh Pemkab Jember. "Cuma karena Pemkab tidak punya gudang, jadi dititipkan ke kami. Kita cuma membantu (tempat) saja. Pengepakan oleh mereka," Jamaludin menjelaskan.

Beras kelas medium itu merupakan bantuan pemerintah pusat kepada seluruh Kabupaten dan Kota menghadapi pandemi Corona. Kabupaten Jember mendapat 99,8 ton dari jatah 100 ton. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top