Pilkada 2020

Achmad Purnomo Mundur dari Cawalkot Solo, Gibran Melenggang?

publicanews - berita politik & hukumWakil Walikota Solo Achmad Purnomo dan Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Timlo)
PUBLICANEWS, Solo - Pilkada yang bakal digelar pada 9 Desember 2020 membuat calon walikota Solo Achmad Purnomo undur diri. Purnomo yang digadang DPC PDIP Surakarta itu merasa tak sampai hati menggunakan waktunya untuk kampanye sedangkan pandemi Covid-19 belum diketahui kapan mereda.

"Kayaknya kondisi (wabah Corona) berkepanjangan, bahkan presiden mengatakan sampai setahun," kata Purnomo di Balaikota Solo, Jawa Tengah, Jumat (24/4).

Purnomo mengaku mengikuti dinamika politik di internal PDIP. Antara lain, hingga saat ini belum ada rekomendasi dari DPP PDIP. Ia pun harus berhadapan dengan Gibran Rakabuming Raka, anak sulung Presiden Joko Widodo.

Ia telah berkomunikasi dengan keluarga dan mendapatkan dukungan untuk mundur. "Saya renungkan, saya analisis, saya pikirkan sampai berani menyatakan hal ini (undur diri)," ujarnya.

Nama Gibran Tidak Masuk Calon yang Diumumkan PDIP Besok

Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo mendukung keputusan wakilnya itu. Rudy menyebutkan Pilkada pada akhir tahun ini tidak realistis.

"Ngurusi rakyat wae repot, ngurus Pilkada (mengurus rakyat saja repot, kok ditambah pilkada)," kata Rudy di rumah dinas Loji Gandrung, Jumat sore.

Bagi Rudy, Pilkada juga dianggap tidak realistis karena walikota terpilih hanya memimpin selama tiga tahun. Pada 2025 akan kembali dilakukan Pilkada serentak sehingga waktu tiga tahun tidak efektif untuk menyelesaikan permasalahan daerah.

Diketahui KPU, DPR, dan Pemerintah menyepakati Pilkada serentak diundur dari September menjadi 9 Desember 2020 karena pandemi Covid-19.

PDIP sebagai pemegang mayoritas kursi DPRD Surakarta telah melakukan uji kelayakan dan kepatutan yang diikuti, antara lain, Purnomo dan Gibran. Mundurnya Purnomo diprediksikan memuluskan langkah pemilik usaha Markobar itu mengikuti jejak ayahnya sebagai orang nomor satu di Solo. (feh)

Berita Terkait

Komentar(1)

Login
  1. Cewek Kepo @ceweKepo26 April 2020 | 07:11:16

    mundur dari calon partai lho. Bukan dari gelanggang di pilwakotnya.

Back to Top