Bawaslu Awasi Bantuan dari Petahana Kepala Daerah

publicanews - berita politik & hukumSalah satu bantuan sembako selama pandemi di daerah. (Foto: istimewa)
PUBLICANEWS, Jakarta - Bawaslu RI mengawasi beberapa petahana kepala daerah yang sudah mulai memberikan bantuan kepada masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Ketua Bawaslu Abhan mengatakan, pemberian bantuan bisa menjadi persoalan antara berlandaskan kemanusaian dan ada tujuan politis.

"Itu susah dibedakan. Maka harus ada pengawasan ekstra hati-hati dari Bawaslu," ujar Abhan dalam rilisnya di Jakarta, Senin (20/4).

Bawaslu, Abhan menambahkan, telah menerima laporan dari jajarannya di daerah. Dalam laporan itu, ada petahana kepala daerah membagikan paket sembako dan masker.

Bantuan tersebut menimbulkan polemik, pasalnya terdapat foto personal tanpa menyebutkan instansi. Kepala daerah diduga mendapatkan rekomendasi dari partai untuk maju dalam pilkada.

"Juga hanya memuat wajahnya saja. Bukan kami prasangka buruk, bisa saja disalahgunakan," Abhan menegaskan.

Ia menjelaskan, Bawaslu tidak melarang atau membatasi kepala daerah untuk membantu warganya di tengah pandemi Covid-19. Namun jangan memanfaatkan situasi untuk kepentingan politik praktis pilkada.

"Mari berpolitik dengan santun. Jangan memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan. Laksanakan kewajiban sebagai kepala daerah," ia menambahkan. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top