DKPP Tetapkan Muhammad sebagai Ketua Definitif

publicanews - berita politik & hukumKetua definitif DKPP Muhammad. (Foto: Humas DKPP)
PUBLICANEWS, Jakarta - Rapat pleno Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menetapkan Muhammad sebagai ketua definitif menggantikan Harjono untuk sisa masa tugas 2017-2022.

Pemilihan itu menghadirkan seluruh anggota DKPP Teguh Prasetyo, Ida Budhiati, Alfitra Salamm, Didik Supriyanto, Hasyim Asy’ari (ex-officio KPU) dan Rahmat Bagja (ex-officio Bawaslu) di Gedung DKPP, Jakarta Pusat.

"Hal tersebut tertuang dalam Berita Acara Nomor 002/K.DKPP/SET-01/IV/2020 yang dipilih secara musyawarah," kata anggota DKPP Alfitra Salamm dalam keterangan pers, Rabu (15/4).

Sejak Presiden Jokowi menunjuk Ketua DKPP periode 2017-2022 Harjono sebagai anggota Dewan Pengawas (Dewas) KPK pada Desember 2019, Muhammad menjabat Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DKPP sejak 8 Januari 2020.

Dengan terpilihnya Muhammad sebagai ketua definitif, Alfitra berharap DKPP tetap mempertahankan marwah lembaga peradilan etik penyelenggara pesta demokrasi.

"Supaya ke depan Prof Muhammad dapat memperkuat lagi kualitas DKPP sebagai lembaga peradilan etik yang bermartabat dan menjaga proses demokrasi di Indonesia," ujarnya.

Sependapat dengan Alfitra, anggota DKPP Ida Budhiati meminta Muhammad meningkatkan kualitas pelayanan kepada para pencari keadilan. "Bisa menjaga, mengawal dan menegakkan etik untuk mewujudkan Pemilu yang bermartabat," katanya.

Pada hari yang sama dilakukan pengucapan sumpah jabatan anggota DKPP Pengganti Antar Waktu (PAW) Didik Supriyanto. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top