Bawaslu Optimis SIPS Dapat Tuntaskan Sengketa Pilkada

publicanews - berita politik & hukumAnggota Bawaslu Rahmat Bagja. (Foto: Bawaslu.go.id)
PUBLICANEWS, Jakarta - Sistem Informasi Penyelesaian Sengketa (SIPS) milik Bawaslu siap mempermudah pelayanan proses setiap permohonan sengketa Pilkada Serentak 2020.

Anggota Bawaslu Rahmat Bagja mengatakan, SIPS adalah sistem informasi manajemen perkara yang progresif. SIPS tidak hanya memuat putusan hasil sidang sengketa.

"Tetapi juga mencakup tindak lanjut permohonan mulai dari informasi status permohonan, jadwal sidang, hingga putusan," kata Bagja dalam.keterangan pers, Selasa (21/1).

Langkah tersebut, Bagja menambahkan, jauh lebih efektif dari sistem informasi di MA maupun MK. Ia mencontohkan, sistem informasi di website MA hanya untuk mempublikasikan putusan hasil sidang.

"Artinya kami satu langkah lebih baik dalam keterbukaan informasi dengan lembaga peradilan lain dalam penanganan penyelesaian sengketa berbasis sistem informasi," ujarnya.

Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa itu menegaskan, SIPS menyasar hingga masyarakat tingkat kabupaten/kota.

"Semoga saja SIPS ini dapat menjawab pertanyaan publik akan keterbukaan informasi penyelesaian sengketa pada Pilkada Serentak 2020," Bagja menjelaskan.

Menurutnya, SIPS dapat dijadikan upaya untuk mengejar ketertinggalan dengan KPU dalam hal penyediaan sistem informasi. Selain itu dapat mewujudkan integrasi digitalisasi antarlembaga penyelenggara pemilu. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top