Pilkada 2020

Tanggapan Jokowi Soal Rencana Gibran Nyalon Walkot Solo

publicanews - berita politik & hukumGibran Rakabuming Raka mendaftar sebagai anggota PDIP di kantor DPC PDI Perjuangan, Solo, Jawa Tengah, 23 September 2019. (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Jakarta - Putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, memastikan maju sebagai bakal calon wWalikota Solo. Langkah pengusaha martabak Markobar ini sudah mendapat dukungan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang mempunyai satu kursi di DPRD Surakarta.

Bagaimana dengan Jokowi? Presiden Joko Widodo tidak bersedia memberi tanggapan. Usai mengadiri Hari Batik Nasional 2019 di Pura Mangkunegaran, Solo, Rabu (2/10), ia memilih balik badan dan berjalan menjauh.

Namun, Jokowi pernah memberi komentar soal rencana anak sulungnya itu mengikuti jejaknya sebagai walikota Solo.

"Ya tanya langsung ke Mas Gibran, kok ke saya. Orang tua itu hanya... ya sama waktu memutuskan berjualan martabak, ya silakan. Ada yang mutusin mau jualan pisang, ya silakan. Saya paksa pegang pabrik juga enggak mau. Dipaksa-paksa, kalau enggak mau, gimana. Saya itu demokratis kok, silakan," katanya pada 28 Juli 2019.

Meski demikian, Jokowi menekankan apapun jabatan dan karir harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab dan mandiri.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PSI Jateng, Yuda Primasetya, mengatakan partainya akan melakukan lobi dengan partai lain untuk mengusung Gibran dalam Pilkada 2020.

"Untuk mengusung melalui jalur partai, kita harus berkoalisi. Kita terus menjalin komunikasi politik dengan parpol lain," ujar Yuda, siang ini.

Selain PSI, ketertarikan terhadap pemilik bisnis katering Chilli Pari ini pernah disampaikan Partai Nasdem dan Gerindra di Solo. Sedangkan DPC PDIP Surakarta masih menunggu titah dari DPP. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top