Dinilai Efektif, Bawaslu Tambah Perempuan Pengawas untuk Pilkada 2020

publicanews - berita politik & hukumKetua Bawaslu Abhan beserta sejumlah perempuan pengawas untuk Pilkada 2020, di kawasan Jakarta Pusat, Sabtu (31/8). (Foto: Publicanews/Bimo)
PUBLICANEWS, Jakarta - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) akan mengoptimalkan kinerja pengawasan untuk Pilkada 2020. Caranya dengan menggerakkan kaum perempuan di 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota yang menggelar pilkada serentak.

Sekjen Bawaslu Gunawan Suswanoro mengatakan, alasan memaksimalkan kaum perempuan karena terbukti partisipasi mereka sangat membantu dalam penyelengaraan Pemilu 2019 lalu.

"Gerakan pengawas perempuan tidak perlu ditanya lagi saat mereka aktif pemilu kemarin," ujar Gunawan dalam Konsolidasi Nasional Pengawas Pemilu Perempuan se-Indonesia di kawasan Pecenongan, Jakarta Barat, Sabtu (31/8).

Bawaslu menyiapkan bekal bagi wanita-wanita yang telah mendedikasikan diri dalam proses demokrasi. "Kita fokuskan nanti dalam keikutsertaan kembali dalam pesta demokrasi 2020," ia menambahkan.

Sementara Ketua Bawaslu Abhan menegaskan perempuan pengawas di tingkat pusat maupun di daerah masih tergolong rendah, yakni di bawah 30 persen. Oleh karena itu, Bawaslu berencana menambah perwakilan perempuan untuk Pilkada 2020.

"Kita upayakan agar bisa terpenuhi (kuota perempuan pengawas) mulai dari pembentukan tim seleksi," kata Abhan kepada Publicanews usai acara yang dihadiri 600 partisipan itu.

Abhan mengungkapkan konsolidasi perempuan pengawas untuk mempertajam kemampuan dan kredibilitas srikandi-srikandi Bawaslu menghadapi Pilkada mendatang.

"Sudah banyak peran perempuan. Hampir setiap tahapan mulai penertiban alat peraga kampanye (APK) hingga mendatangi TPS-TPS di pelosok dengan sepeda motor," katanya.

Bawaslu mempertimbangkan potensi pelanggaran masih akan terjadi pada pilkada serentak nanti. "Diharapkan perempuan pengawas ini bisa lebih tegas nantinya. Biasanya kan seperti itu," kata Abhan. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top