Golkar Serahkan LHKPN 85 Caleg Terpilih ke KPU

publicanews - berita politik & hukumSekjen DPP Golkar Lodewijk Freidrich Paulus menyerahkan salinan LHKPN para kadernya ke KPU di Kantor KPU Pusat, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (19/7). (Foto: Publicanews/bimo)
PUBLICANEWS, Jakarta - Sekjen DPP Golkar Lodewijk Freidrich Paulus menyerahkan salinan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) para caleg terpilihnya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). LHKPN tersebut suidah mendapat pengesahan di KPK.

"(Laporan) ini adalah kewajiban kita sebagai warga negara karena sudah diamanahkan undang-undang tentang penyelenggaraan pemilu yang bersih dan bebas KKN," kata Lodewijk di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (19/7).

Penyerahan LHKPN itu juga disaksikan komisioner KPU Hasyim Asyari, Ilham Saputra, dan Pramono Ubaid Tanthowi. Lodewijk mengklaim Golkar sebagai partai pertama yang menyerahkan LHKPN. Ada 85 kader melaporkan secara kolektif ke KPK dan diteruskan ke KPU.

"Laporan ini bentuk pencegahan sebelum caleg duduk di kursi legislatif," ia manambahkan.

Sementara Ketua KPU Arief Budiman mengatakan penyerahan tersebut terbilang cepat. Menurut ketentuan, penyerahan LHKPN selambat-lambatnya 7 hari setelah calon terpilih dilantik sebagai anggota Dewan.

"KPU tentu menyambut positif. Inisiatif ini dapat mempermudah KPU dalam mengurus dokumen administrasi," kata Arief.

Selanjutnya KPU akan memberikan usulan-usulan yang sekiranya diperlukan caleg DPR RI terpilih tersebut. "Mudah-mudahan ini jadi pendorong bagi yang lain dan KPU sangatmengapresiasi," ia menambahkan. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top