DKPP Copot Komisioner KPU Ilham Saputra

publicanews - berita politik & hukumKomisioner KPU Ilham Saputra. (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Jakarta - Komisioner KPU Ilham Saputra terbukti melanggar kode etik Penyelenggara Pemilu. Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) dalam sidang pada Rabu (10/7) ini memutuskan mencopot Ilham. Keputusan berlaku mulai hari ini juga.

"Menjatuhkan sanksi peringatan keras dan pemberhentian dari jabatan Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan dan Logistik kepada Teradu III Ilham Saputra selaku anggota KPU RI," kata Ketua Majelis Harjono dalam sidang di kantor DKPP, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

DKPP menyidangkan kasus gugatan yang dilayangkan Tulus Sukariyanto, calon PAW anggota DPR RI dari Partai Hanura Dapil Jawa Timur VIII. KPU disebut telah menghambat atau mempersulit proses PAW.

Tulus mengatakan, meski telah mengantongi SK PAW dari partainya, tetapi KPU malah menyatakan pengganti Dossy Iskandar adalah Sisca Dewi Hermawati. Padahal, Sisca telah dikeluarkan dari partai dan tengah menjalani proses hukum.

Anggota majelis DKPP Alfitra Salam menambahkan, KPU seharusnya menjadikan dokumen pemberhentian dari partai sebagai dasar penggantian antarwaktu dan berdasarkan hasil klarifikasi. "Seharusnya proses penggantian antarwaktu pengadu dapat diproses karena telah memenuhi Ketentuan Peraturan Perundang-Undangan," katanya.

Majelis Etik DKPP menyatakan Ilham terbukti melanggar Pasal 6 ayat (2) huruf c, huruf d, ayat (3) huruf a dan huruf f juncto Pasal 10, juncto Pasal 11, juncto Pasal 15 huruf e, huruf f, huruf g dan huruf h Peraturan DKPP Nomor 2 Tahun 2017 tentang Kode Etik dan Pedoman Perilaku Penyelenggara Pemilu.

Sementara itu, Humas DKPP Teten Jamaluddin menjelaskan bahwa Ilham bukan dicopot sebagai anggota KPU tetapi dari jabatan Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan dan Logistik KPU.

Ilham sebagai ketua membawahi staf Sekjen KPU Indra Jaya dan Kasubbag PAW dan Pengisian DPR, DPD, dan DPRD Wilayah 2 Sekretariat KPU Novayani. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top