Bawaslu Nyatakan KPU Langgar Tata Cara Input Situng Pemilu

publicanews - berita politik & hukumKetua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Abhan. (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Jakarta - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dalam sidang majelis yang dipimpin Ketuanya Abhan memutuskan KPU melakukan pelanggaran dalam input data Situng Pemilu 2019.

"Mengadili, satu, menyatakan KPU terbukti secara sah melanggar tata cara dan prosedur dalam input data sistem informasi pemungutan suara atau Situng," kata Abhan dalam sidang pelanggaran Situng di kantor Bawaslu, Jakarta, Kamis (16/5).

Majelis hakim kemudian memerintahkan KPU memperbaiki tata cara dan prosedur dalam input data sistem informasi pemungutan suara dalam Situng.

Komisioner Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo mengatakan, KPU dalam menggunakan aplikasi Situng ini harus tetap memperhatikan ketelitian, akurasi dalam memasukkan data ke dalam aplikasi sistem sehingga tidak menimbulkan polemik di masyarakat.

KPU harus bertanggung jawab kepada publik jika terjadi kesalahan dalam proses scan atau input hasil pemindaian salinan formulir C1.

Meski divonis ada pelanggaran tetapi Bawaslu menetapkan Situng KPU diminta tetap dipertahankan.

"Keberadaan situng hendaknya dipertahankan sebagai instrumen yang digunakan KPU dalam menjamin keterbukaan dan akses informasi dalam penyelenggaraan pemilu bagi masyarakat," kata Ratna.

Keputusan Bawaslu ini dilakukan setelah menggelar tiga kali masa sidang sebelumnya. Pelanggaran Situng ini dilaporkan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi dengan nomor registrasi 008/LP/PP/ADM/RI/00.00/V/2019. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top