Bawaslu Imbau Capres-Cawapres Tidak Deklarasi Dulu

publicanews - berita politik & hukumAnggota Bawaslu M Afifuddin. (Foto: Publicanews/dok)
PUBLICANEWS, Jakarta - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) meminta kedua paslon menahan diri dan tidak mendeklarasikan kemenangannya dalam Pilpres 2019. Komisioner Bawaslu M Afifuddin mengingatkan mereka untuk menunggu hasil penghitungan resmi pada Rabu, 22 Mei 2019.

"Iya, semua pihak harus saling menghormati sekaligus menahan diri, mengikuti prosedur yang sudah diatur," kata Afifuddin lewat pesan singkat, Jumat (19/4).

Proses rekapitulasi suara dilakukan berjenjang, mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, dan baru ke level nasional. Penghitungan suara resmi secara manual dilakukan oleh KPU.

Afifuddin menambahkan, menghadapi kompetisi seperti Pilpres harus berkepala dingin dan menghindari pernyataan provokatif serta berlebihan.

"Jadi yang paling penting adalah bagaimana kita sama-sama berkepala dingin, tidak memberikan ungkapan yang provokatif dan berlebihan. Tentu sambil menunggu rekap yang memang sedang berjalan sebagaimana aturan pemilu yang ada," Afifuddin menandaskan. (han)

Berita Terkait

Komentar(1)

Login
  1. shes one the @siswandi19 April 2019 | 22:49:48

    Setuju, agar tidak terjadi hal tdk diinginkan, memang harus sabar, nunggu keputusan yg paling mutkak, yaitu oleh KPU.

Back to Top