KPU Jateng Coret Empat Parpol

publicanews - berita politik & hukumKantor KPU Jateng. (Foto: jateng.kpu.go.id)
PUBLICANEWS, Semarang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah (Jateng) mencoret keikutsertaan empat partai politik pada Pemilu 2019. Keempatnya adalah Partai Garuda, PKPI, Partai Hanura, dan Partai Bulan Bintang ( PBB).

Pencoretan dilakukan karena mereka tidak melaporkan dana kampanye hingga batas waktu yang telah ditentukan.

"Dicoret di tingkat kabupaten. Kalau tingkat provinsi tidak ada," kata Koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Jateng Muslim Aisha kepada waratwan di kantornya, Senin (25/3).

Parpol tersebut tidak menyampaikan laporan awal dana kampanye (LADK) serta tak mengajukan caleg di tingkat DPRD meski punya kepengurusan di tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

Pembatalan itu sesuai surat keputusan KPU RI Nomor 744/PL.01.6-Kpt/KPU/III/2019 tertanggal 21 Maret 2019.

Muslim menjelaskan, keikutsertaan Partai Garuda dan PKPI dibatalkan di 10 kabupaten dan kota, yaitu di Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, Boyolali, Jepara, Demak, Batang, Pekalongan, Tegal, Kota Surakarta, dan Kota Pekalongan.

"Sementara dua partai sisanya dicoret di satu daerah. Partai Hanura dicoret di Kabupaten Sukoharjo dan PBB dicoret di Kabupaten Pemalang," ujarnya.

Parpol-parpol ini nantinya tak disertakan dalam perhitungan perolehan kursi di seluruh daerah pemilihan (Dapil) untuk tingkat kabupaten/kota terkait.

Sementara untuk suara DPRD Provinsi dan DPR RI tetap dihitung karena penentuan kursinya ada di provinsi dan pusat. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top